Berita Aceh Barat

Bidan yang Ditelpon Tak Datang ke Puskesmas, Ibu Asal Aceh Barat Ini Melahirkan dalam Ambulans

Miris, diduga tak ada dokter atau bidan di Puskesmas Layung, Lisma Dewi (22) seorang ibu muda warga Gampong Kuta Padang Layung, Kecamatan Bubon, Kabup

Editor: Misran Asri
Foto/Kiriman Rasyidi
Ibu muda bernama Lima Dewi, warga Padang Layung, Kecamatan Bubon harus melahirkan dalam mobil ambulans ketika dilarikan dari Puskesmas Layung ke Puskesmas Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (30/10/2022), akibat tidak ada bidan dan dokter di Puskesmas Layung. 

Bidan yang Ditelpon Tak Kunjung Datang ke Puskesmas, Ibu Asal Aceh Barat Ini Harus Melahirkan dalam Ambulans

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Miris, diduga tak ada dokter atau bidan di Puskesmas Layung, Lisma Dewi (22) seorang ibu muda warga Gampong Kuta Padang Layung, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, akhirnya melahirkan dalam ambulans.

Perasaan pilu ini dirasakan Lisma Dewi dalam kondisi hamil besar terpaksa melahirkan si buah hati dalam ambulans yang sedang mengantarkannya ke sebuah fasilitas kesehatan.

Lisma Dewi keburu melahirkan di dalam ambulans sebelum sempat tiba di Puskesmas Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga untuk mendapatkan pelayanan bersalin.

“Kejadian ini dialami istri saya pada Minggu (30/10/2022) kemarin. Ia melahirkan dalam ambulans saat dalam perjalanan menuju Puskesmas Cot Seumeureung,” ungka Rasyidi, suami Lisma kepada Serambinews.com, Selasa (1/11/2022).

Diceritakan Rasyidi, bahwa pada Minggu pagi, istrinya sudah memberikan tanda-tanda akan melahirkan dengan timbul rasa sakit dan keluarnya cairan.

Melihat kondisi tersebut, dengan sigap Rasyidi langsung bergegas menuju ke Puskesmas Layung dengan sepeda motor.

Baca juga: Bocah Empat Tahun Berhasil Telepon Ambulans dan Selamatkan Nyawa Ibunya

Baca juga: Ambulans Vs Chevrolet, Jenazah Terpental Keluar

Baca juga: Barcelona Vs Celta Vigo Diwarnai Insiden, Ronald Araujo Diangkut Naik Ambulans

Ia berniat meminta bantuan petugas untuk menjemput istrinya ke rumah menggunakan mobil ambulans karena tidak bisa lagi dibawa dengan sepeda motor saat itu.

Setibanya di Puskesmas Layung, Rasyidi langsung meminta petugas untuk bisa segera menjemput istrinya, dan saat itu kebetulan sopir ambulans tidak berada di tempat.

Setelah dihubungi oleh perawat di Puskesmas Layung, akhirnya supir datang dan bergerak ke rumah Rasyidi untuk menjemput Lisma Dewi yang akan segera melahirkan.

Sampai di rumah, sopir ambulans dan Rasyidi memapah istrinya naik ke ambulans untuk dibawa ke Puskesmas Layung.

Ternyata petugas perawat yang berada di Puskesmas tersebut bukan bidangnya untuk bisa menangani pasien melahirkan.

Dikatakan Rasyidi, bahwa sesampainya di Puskesmas Layung, ternyata tidak ada petugas atau bidan yang menangani untuk melahirkan istrinya yang sedang menjerit menahan rasa sakit saat itu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved