Internasional

11 Juta Warga Mesir Mengidap Penyakit Diabetes, Menkes Mesir : Sudah Jadi Masalah Serius

Mesir menempati peringkat ke-10 di dunia dalam hal jumlah penderita diabetes.

Editor: IKL
()
Menteri Kesehatan Mesir, Khaled Abdel Ghaffar 

PROHABA.CO - Menteri Kesehatan Mesir Khaled Abdel Ghaffar mengumumkan jumlah penderita penyakit diabetes yang terdaftar di asuransi kesehatan telah mencapai 11 juta jiwa.

Dia mengatakan jumlah itu sebanyak 15 persen dari populasi dunia yang mengidap diabetes.

Menteri menyampaikan hal itu pada konferensi pers tentang kampanye kesadaran diabetes “Inisiatif 100 Juta Hidup Sehat,” seperti dilansir Arab News, Senin (26/12/2022).

Menteri mengatakan Mesir tertarik untuk menjangkau pasien-pasien ini dan memberi mereka diagnosis dini dan layanan pengobatan.

Diabetes telah menjadi penyakit yang serius, jelasnya.

Baca juga: Jefan Nathanio Mengaku ketagihan Membintangi Film Bergenre Action

Tetapi, katanya, dapat dikelola dengan meningkatkan kesadaran tentang cara menghindari komplikasi yang terkait dengannya.

Dia menambahkan penelitian sedang dilakukan di Mesir, bekerjasama dengan perusahaan farmasi internasional, mengenai karakteristik genetik penyakit tersebut, dan beberapa pusat telah didirikan untuk melayani pasien.

Menteri mengatakan pabrik-pabrik menyediakan pengukur glukosa dan memproduksi insulin secara lokal di Mesir, dengan dukungan perusahaan internasional.

Hisham El-Hefnawy, mantan dekan Institut Diabetes dan Endokrinologi Nasional Mesir, mengatakan Mesir menempati peringkat ke-10 di dunia dalam hal jumlah penderita diabetes.

Dia mengatakan jumlah penderita diabetes diperkirakan akan mencapai 20 juta pada tahun 2045, yang akan membuat Mesir naik ke urutan kesembilan.

Hal itu terkait dengan jumlah yang lebih besar dari orang dengan pra- diabetes, tahap yang membawa komplikasi yang sama dengan diabetes, tambahnya.

Baca juga: Ingin Maju Jadi Caleg DPR RI, Pasha Ungu Meminta Sang Anak Membantunya

Kehati-hatian harus dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini sejak dini dan memberikan pengobatan yang tepat serta pengobatan untuk risiko kesehatan terkait, seperti tekanan darah tinggi atau obesitas, tambah menteri.

"Apa yang dihabiskan untuk pengobatan diabetes jauh lebih sedikit daripada yang akan dihabiskan untuk mengobati komplikasi diabetes pada jantung, ginjal, kaki, dan bagian tubuh lainnya," ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Menteri Kesehatan Mesir Umumkan 11 Juta Warganya Mengidap Penyakit Diabetes

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved