Robot NASA Mulai Jelajahi Permukaan Planet Mars

Robot penjelajah ruang angkasa milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang diberi nama Perseverance, memulai perjalanan pertamanya ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: Twitter/@NASAPersevere
Gambar permukaan planet Mars yang diambil dari robot penjelajah Perserverance milik NASA. Robot ini melakukan penjelajahan yang pertama di permukaan planet Mars sejak 18 Februari lalu. 

PROHABA.CO - Robot penjelajah ruang angkasa milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang diberi nama Perseverance, memulai perjalanan pertamanya menjelajahi permukaan planet Mars.

Perjalanan singkat dari laboratorium robot sains di dekat kawah besar planet merah ini, dilakukan dengan baik oleh robot Perseverance, kata manajer misi tersebut.

NASA juga mengumumkan bahwa mereka telah menamai situs Perseverance pada 18 Februari lalu sebagai pendaratan Octavia E Butler, untuk menghormati penulis fiksi ilmiah Amerika pemegang penghargaan.

Dua minggu setelah pendaratan yang sempurna itu, Perseverence pun mulai menjelajahi permukaan Mars, suatu hal yang langka. 

Dilansir dari ABC, Minggu (7/3/2021), probe astrobiologi beroda enam seukuran mobil itu menempatkan 6,5 meter pada odometernya selama setengah jam uji coba di kawah Jazero.

Kawah Jazero adalah situs delta sungai dan danau kuno yang telah lama menghilang di planet Mars.

Mengikuti arahan manajer misi Mars di Jet Propulsion Laboratpry (JPL) NASA, dekat Los Angeles, Amerika Serikat, robot penjelajah itu berguling 4 meter ke depan, berbelok sekitar 150 derajat ke kiri, kemudian melaju mundur sejauh 2,5 meter lagi.

"Ini (uji coba Perseverance rover) berjalan sangat baik," kata Anais Zarifian, insinyur uji mobilitas JPL NASA untuk Perseverance.

Baca juga: Saat Medan Magnet Bumi Terbalik, Apa Dampaknya?

NASA menampilkan juga foto yang diambil oleh robot penjelajah yang menunjukkan jejak roda yang tertinggal di tanah Mars setelah perjalanan pertamanya.

Gambar lain juga menunjukkan dengan jelas dari lanskap sekitar permukaan Mars yang menunjukkan medan kasar dan tanah kemerahan yang dipenuhi batu-batu besar dan gelap.

Tampak juga permukaan endapan berlapis di kejauhan, menandai tepi delta sungai kuno Mars.

Uji coba lain juga dilakukan para ahli untuk mengetahui seberapa baik kemampuan mengemudi rover Perseverance NASA tersebut menjelajahi permukaan Mars yang ekstrem.

Wahana penjelajah Perseverance milik NASA telah melakukan test drive sekaligus gerakan pertamanya di Mars.

Pergerakan Perseverance tersebut terjadi hanya berselang beberapa pekan setelah mendarat di Mars.

Perseverance NASA mampu mencapai rata-rata 200 meter mengemudi per hari di permukaan planet Mars.

Kendati demikian, insinyur JPL masih memiliki pemeriksaan peralatan tambahan untuk dijalankan pada banyak instrumen penjelajah sebelum mereka siap untuk mengirim robot dalam perjalanan yang lebih ambisius.

Robot Perseverance NASA dikirim ke Mars dengan misi utamanya mencari jejak kehidupan mikroba yang membatu.

Sejauh ini, Perseverance dan perangkat kerasnya yang lain, termasuk lengan robotik utama, tampaknya dapat beroperasi dengan sempurna, kata wakil manajer misi Robert Hogg.

Tim juga melakukan tes setelah pendaratan melalui sistem canggih penjelajah untuk mengebor dan mengumpulkan sampel batuan untuk dibawa kembali ke Bumi, melalui misi Mars di masa depan. (kompas.com)

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved