Muncul Peringatan Tsunami Usai Diguncang Gempa Berkekuatan 8,2 SR di Alaska

Sebuah gempa tercatat terjadi pada 65 mil tenggara Perryville, Alaska, tepat di lepas pantai Kepulauan Aleutian, pada Kamis waktu setempat.

Editor: IKL
bangladeshchronicle.net
Ilustrasi gempa 

PROHABA.CO, ALASKA - Insiden gempa terjadi di tenggara Perryville, Alaska, tepat di lepas pantai Kepulauan Aleutian, tercatat terjadi pada 65 mil pada Kamis waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengkonfirmasi bahwa kekuatan gempa setidaknya mencapai 7,2 skala richter.

Namun kemudian melakukan revisi bahwa gempanya jauh lebih kuat yakni mencapai hingga 8,2 skala Richter.

Dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (29/7/2021), sejumlah video yang menunjukkan peristiwa terjadinya gempa, dibagikan oleh warga Alaska di media sosial.

Baca juga: Gempa M 6,3 Guncang Tojo Una-Una Sulteng, Berikut Fakta dan Catatan Sejarah Ungkap Penyebab Gempa

Baca juga: BMKG: Tak Berpotensi Tsunami, Gudung Kidul Diguncang Gempa 5,3 SR Berasa Hingga Jateng dan Jatim

Peringatan tsunami pun dikeluarkan oleh pihak berwenang, segera setelah gempa terjadi.

"Gelombang tsunami yang berbahaya untuk gempa ini mungkin terjadi dalam tiga jam ke depan di beberapa pantai," kata Sistem Peringatan Tsunami AS dalam sebuah pernyataan.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional (NTWC) di Alaska pun mengeluarkan peringatan untuk wilayah bagian selatan negara bagian itu, Semenanjung, dan wilayah pesisir Pasifik dari Pintu Masuk Hinchinbrook hingga Jalur Unimak.

Sementara Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) memperingatkan potensi tsunami untuk Hawaii dan wilayah Pasifik Amerika Serikat (AS) di Guam.

Sistem peringatan tsunami AS juga menunjukkan ancaman tsunami di Kepulauan Mariana Utara dan Guam.

Di sisi lain, pihak berwenang dari beberapa kota di Alaska, termasuk Homer dan Kodiak, mengimbau penduduk setempat yang berada di daerah di mana peringatan tsunami dibunyikan untuk segera mengungsi.

Sesaat kemudian, gempa susulan berkekuatan 6,2 skala richter pun tercatat terjadi di lepas pantai Alaska.

Menurut USGS, gempa susulan tercatat pada 06:23 GMT, sedangkan pusat gempanya terletak 137 kilometer atau 85,12 mil barat laut Chignik pada kedalaman 42,2 kilometer.

Kemudian hanya beberapa menit kemudian, seismolog melaporkan gempa susulan lainnya berkekuatan 5,6 skala richter terjadi pada wilayah yang berjarak 130 kilometer dari Chignik pada kedalaman 16,5 kilometer.

Perlu diketahui, Alaska merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah sabuk gempa bumi berbentuk tapal kuda yang panjang dan aktif.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved