Breaking News:

Senyawa Alga Cokelat untuk Antivirus SARS-CoV-2

Covid- 19 sebagai penyakit baru masih terus menjadi objek studi para ilmuwan dunia, tak terkecuali di Indonesia.Para peneliti di Universitas Gadjah...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI alga coklat. Peneliti UGM menemukan senyawa yang dimiliki alga ini bersifat antivirus yang dapat menjadi potensi antivirus yang dapat menghambat replikasi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. 

PROHABA.CO, YOGYAKARTA - Covid- 19 sebagai penyakit baru masih terus menjadi objek studi para ilmuwan dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Para peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta saat ini sedang meneliti alga cokelat untuk antivirus SARS-CoV-2.

Virus corona SARSCoV- 2 adalah patogen penyakit baru yang menyebabkan pandemi global.

Hingga kini belum ada obat yang spesifi k untuk mengobati penyakit Covid-19 yang disebabkan infeksi virus tersebut.

Namun, upaya ilmiah untuk menemukan obat Covid-19 masih terus dilakukan.

Seperti yang tengah dilakukan sejumlah mahasiswa UGM yang melakukan serangkaian penelitian untuk mencari potensi alga cokelat, Ecklonia cava.

Para peneliti UGM ini menemukan adanya senyawa aktif pada alga cokelat yang ternyata bisa menghambat atau menginhibisi proses replikasi virus.

"Kami melakukan penelitian dengan simulasi interkasi senyawa aktif alga cokelat dengan protein Covid-19 dengan metode docking," kata Ketua Tim Peneliti UGM, Mumu Mujtahid Fatwa dalam rilis yang diterima, Rabu (22/9/2021).

Studi tentang senyawa antivirus alga cokelat tersebut dilakukan Mumu dan timnya dari Fakultas MIPA UGM, yakni Lusiana Dwi Setiya Rini, Anadea Salsabilla Rahma, dan Kintan.

Baca juga: Vaksin Penuh Terbukti Dapat Kurangi Gejala Long Covid-19

Para mahasiswa ini pun tergerak untuk meneliti potensi alga cokelat tersebut sebagai antivirus karena keprihatinan akan Covid-19 yang tak kunjung mereda.

Halaman
123
Berita Populer
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved