Breaking News:

Internasional

Penyelam Temukan Harta Karun Kekaisaran Romawi di Dasar Laut

Dua penyelam bebas amatir menemukan harta karun berupa koin emas yang diawetkan dengan sempurna dari Kekaisaran Romawi, ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: DOK. UNIVERSITY OF ALICANTE VIA BUSINESS INSIDER
PENYELAM bebas amatir Universitas Alicante menemukan banyak koleksi koin emas Romawi di lepas pantai Spanyol. Lihat Foto Penyelam bebas amatir Universitas Alicante menemukan banyak koleksi koin emas Romawi di lepas pantai Spanyol. 

PROHABA.CO, MADRID - Dua penyelam bebas amatir menemukan harta karun berupa koin emas yang diawetkan dengan sempurna dari Kekaisaran Romawi, dan merupakan salah satu koleksi terbesar yang pernah ditemukan di Eropa.

Saudara ipar Luis Lens dan Cesar Gimeno melakukan freediving di Laut Mediterania saat berlibur di Xbia, Spanyol.

Menurut The Times, mereka sebenarnya saat itu sedang mencoba membersihkan sampah bawah laut.

Tapi kemudian mereka menemukan benda mengilap yang menyerupai "koin 10 sen," menurut laporan surat kabar El Pais.

Setelah melaporkan penemuan mereka kepada pihak berwenang setempat, tim penyelam scuba dan arkeolog menemukan total 53 koin emas, tiga paku, dan beberapa sisa yang tampak seperti peti.

Para ilmuwan dari University Institute for Research in Archaeology and Historical Heritage menganalisis koinkoin tersebut.

Mereka menemukan bahwa benda-benda itu berasal dari akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5.

"Luar biasa. Adalah impian setiap anak untuk menemukan harta karun," kata Luis Lens kepada El Pais.

"Ini adalah salah satu set koin emas Romawi terbesar yang ditemukan di Spanyol dan Eropa," ujar Jaime Molina, Kepala tim arkeolog bawah air dari Universitas Alicante, dalam siaran pers melansir Business Insider pada Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Seorang Pengemis di Mesir Mengeluh Soal Kemiskinan, Tinggalkan Harta Rp 17 Miliar untuk Keluarga

Apa yang membuat penemuan itu semakin tidak biasa adalah betapa sempurnanya koin-koin itu terawetkan.

Para peneliti mampu mengidentifi - kasi kaisar pada koin: Valentinian I (3 koin), Valentinian II (7 koin), Todosio I (15 koin), Arcadi (17 koin), Honorius (10 koin), dan sebuah koin tak dikenal.

Menurut Molina, penemuan tersebut dapat memberikan banyak informasi baru untuk memahami fase akhir dari jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat.

Sejarawan mengatakan, koin itu bisa saja sengaja disembunyikan untuk menghindari penjarahan orang barbar, seperti Alans.

Mereka mengatakan temuan koin ini juga menjelaskan momen historis ketidakamanan masa itu, ketika kedatangan orang-orang barbar, seperti Suevi, Vandal, dan Alan yang menyebabkan jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Koin-koin tersebut akan direstorasi dan dipamerkan di Museum Arkeologi dan Etnografi Soler Blasco di Xabia, kata Universitas Alicante. (kompas.com)

Baca juga: Delapan Penyelam Diterjunkan Cari Pria Tenggelam di Laut, Ditemukan pada Hari Ketiga

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved