Breaking News:

Internasional

Sumur Barhout, Lubang Misterius yang Dijuluki “Sumur Neraka”

Sumur Barhout atau yang dikenal sebagai Sumur Neraka merupakan keajaiban alam yang baru sedikit dipahami oleh para ilmuwan...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: AFP
LOKASI ‘Sumur Neraka’ (Well of Hell) di gurun Al-Mahra, Yaman Timur. Selama berabad-abad lubang raksasa di bawah gurun ini menyimpan misteri. Penduduk setempat menyebutnya sebagai penjara para jin. 

PROHABA.CO, SANAA - Sumur Barhout atau yang dikenal sebagai Sumur Neraka merupakan keajaiban alam yang baru sedikit dipahami oleh para ilmuwan.

Sumur ini berlokasi di timur Yaman, lebih dekat ke perbatasan dengan Oman dibandingkan ke Ibu Kota Sanaa yang jaraknya 1.300 km.

Lubang raksasa di gurun Provinsi Al-Mahra ini memiliki lebar 30 meter dan kedalamannya diperkirakan antara 100 hingga 250 meter.

Pejabat Yaman mengatakan, mereka tidak tahu apa yang ada di bawah Sumur Neraka tersebut karena sumur tersebut sangat dalam.

“Ini sangat dalam. Kami belum pernah mencapai dasar sumur ini karena hanya ada sedikit oksigen dan tidak ada ventilasi,” ujar Salah Babhair, Direktur Jenderal Survei Geologi dan Sumber Daya Mineral Al-Mahra, dilansir dari English Al Arabiya.

Babhair mengatakan bahwa Sumur Neraka telah berusia jutaan tahun.

Menurutnya, dibutuhkan lebih banyak studi dan penyelidikan untuk mengetahui tentang sumur yang penuh misteri tersebut.

Mitos Sumur Neraka Cerita rakyat setempat mengisahkan bahwa Sumur Neraka dibuat sebagai penjara bagi setan dan pintu gerbang menuju neraka.

Baca juga: Tim Ekspedisi ‘Sumur Neraka’ Temukan Ular dan Mutiara Gua

Reputasi ini didukung oleh bau busuk yang berasal dari kedalamannya.

Sumur Neraka dianggap dapat mendatangkan nasib buruk.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved