Breaking News:

Kesehatan

Berkat Olahraga, Pecandu Narkoba Dapat Sembuh

Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa mengurangi kecemasan, stress, dan depresi, serta bisa memberikan efek yang mirip dengan zat kimia

Editor: IKL
Pexels/Alexy Almond
Ilustrasi sedang berolahraga di rumah 

PROHABA.CO - Tahukah kamu jika olahraga bisa menghindarkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba? Bahkan, ternyata olahraga juga dapat membantu seorang pecandu lepas dari pengaruh narkoba, lho!

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kambuhnya perilaku adiktif serta mengurangi kecanduan.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa mengurangi kecemasan, stress, dan depresi, serta bisa memberikan efek yang mirip dengan zat kimia yang diberikan obat-obatan.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati, SpKO menjelaskan, ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan zat kimia yang disebut endorfin. Zat yang berasal dari kata Endogenous Morphine atau morfin alami dari tubuh inilah yang memberikan efek mirip dengan penggunaan morfin, seperti menimbulkan rasa bahagia hingga meredakan nyeri.

Baca juga: Mengeluh Sakit Perut, Pria Mesir Ternyata Telan Ponsel

Baca juga: Pelaku Transaksi Sabu Kabur, Sepmornya Digantung di Pohon

Meski demikian, efek “nge-fly” yang dihasilkan dari olahraga tentu berbeda dengan morfin yang dampak kecanduannya berasal dari zat berbahaya yang justru memberikan dampak merugikan bagi tubuh.

Nah, setelah berlari atau berolahraga, biasanya kita mengalami runner’s high. Mengutip dari WebMD, Kepala Sains untuk American Council pada bidang olahraga menjelaskan bahwa Runner’s High adalah ungkapan yang digambarkan pelari akan efek positif psikologi ketika berolahraga dengan ritme tertentu dalam durasi yang lama.

Gambaran dari perasaan euforia Runners high ini juga disertai dengan pandangan hidup ke arah yang positif, serta memberikan tambahan energi.

Jadi, meskipun olahraga dan narkoba memiliki efek kecanduan yang sama, yaitu membuat rasa bahagia, namun efek yang dihasilkan dari berolahraga jelas lebih bermanfaat karena memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental.

Rekomendasi jenis olahraga yang dilakukan

Jika kamu kesulitan untuk menentukan apa jenis olahraga yang ingin dilakukan, berikut beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi referensi beserta manfaatnya untuk mengurangi kecanduan dan menjauhkan diri dari narkoba.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved