Breaking News:

Tahukah Anda

Letusan Bawah Laut Terbesar di Dunia Ciptakan Gunung Berapi Raksasa

Studi terbaru yang diterbitkan pada 26 Agustus 2021 di Journal Nature Geoscience menemukan bahwa letusan bawah laut aktif terbesar yang pernah ...

Editor: Muliadi Gani
Sebuah studi terbaru yang diterbitkan pada 26 Agustus 2021 di The Journal Nature Geoscience menemukan bahwa pada 2018 terjadi letusan bawah laut aktif terbesar yang melahirkan gunung berapi bawah laut setinggi 2.690 kaki atau 820 meter di bagian Barat Samudra Hindia, di lepas Madagaskar. Peneliti menyebut gunung berapi tersebut benar-benar baru sebab tidak ditemukan pada 2014 berdasarkan survei sebelumnya 

PROHABA.CO - Studi terbaru yang diterbitkan pada 26 Agustus 2021 di Journal Nature Geoscience menemukan bahwa letusan bawah laut aktif terbesar yang pernah tercatat pada tahun 2018 lalu melahirkan 'bayi' berupa gunung berapi bawah laut raksasa seukuran gedung pencakar langit.

Melansir Live Science, Rabu (20/10/2021) para ilmuwan menemukan gunung berapi setinggi 820 meter di Samudra Hindia bagian barat, di lepas pantai Madagaskar.

Ini juga seakan menjadi jawaban dari serentetan gempa di wilayah yang biasanya tenang secara seismik.

Setelah mengumpulkan data geologi, termasuk informasi survei bawah laut tahun 2019 di wilayah tersebut, tim peneliti menyadari bahwa ada gunung berapi baru di bawah laut ini sekitar 1,5 kali lebih tinggi dari gedung One World Trade Center di New York.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved