Breaking News:

Luar Negeri

Jalan di Depan Kedubes Arab Saudi di AS akan Dinamai ‘Jamal Khashoggi’

Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Amerika Serikat (AS) akan dinamai "Jalan Jamal Khashoggi". Dewan Kota Washington sepakat memilih nama itu

Editor: Muliadi Gani
FOTO: via Sky News
Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober. 

PROHABA.CO, WASHINGTON DC - Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Amerika Serikat (AS) akan dinamai "Jalan Jamal Khashoggi".

Dewan Kota Washington sepakat memilih nama itu untuk menghormati Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang diduga dibunuh oleh agen pemerintah.

Dewan memberikan suara suara bulat pada Selasa (7/12/2021) untuk secara simbolis memberi nama Jamal Khashoggi di ruas New Hampshire Avenue sepanjang 213 meter yang membentang antara kedutaan dan kompleks Watergate.

“Melalui jurnalismenya, Jamal Khashoggi adalah seorang advokat tegas untuk demokrasi, hak asasi manusia, dan supremasi hukum,” kata laporan dewan tentang RUU tersebut.

"Dengan menamai jalan di depan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi dengan Jamal Khashoggi, Distrik membuat peringatan untuk menghormatinya," imbuhnya sebagaimana dikutip dari AFP.

Baca juga: Tim Luar Angkasa Temukan Rumah Misteri di Bulan

Baca juga: Punya Tinggi Badan 2,15 Meter, Wanita Turki Tejangkung di Dunia

Jamal Khashoggi, kritikus vokal dari monarki Saudi, dibunuh dan dimutilasi di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, setelah bepergian ke sana dari Amerika Serikat untuk mengurus dokumen guna menikahi tunangannya dari Turki.

Pembunuhnya diduga adalah sekelompok pria yang terkait erat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang dituduh oleh intelijen Barat memerintahkan pembunuhan itu.

Adapun Kedubes Arab Saudi tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari penamaan jalan Jamal Khashoggi tersebut.

RUU dari dewan akan segera ditandatangani oleh Wali Kota Washington Muriel Bowser dan tidak mendapat keberatan di Kongres AS, yang meninjau semua undang-undang dari pemerintah ibu kota AS.

Pada 2018, Washington menamai sebuah jalan di luar Kedutaan Besar Rusia untuk menghormati kritikus terkemuka Vladimir Putin, Boris Nemtsov, yang dibunuh di Moskwa tiga tahun sebelumnya. (kompas.com)

Baca juga: Mantan Pacar Nike Ardilla Muncul, Beri Pengakuan yang Mengejutkan

Baca juga: Helikopter Militer India Jatuh,2 Penumpang Luka

Baca juga: Jangan Dekati Zona Merah Semeru, apalagi Sekadar Selfie”

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved