Breaking News:

Tahukah Anda

Misi Luar Angkasa Cina Klaim Temukan Kandungan Air di Bulan

Cina mengeklaim misi pesawat luar angkasa Chang'E-5 berhasil menemukan bukti keberadaan air di Bulan ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: CNSA/NASA
Pesawat ruang angkasa Cina Chang'e 5 kembali ke Bulan. Misi eksplorasi Bulan dilakukan Cina untuk mengungkapkan keberadaan air di satelit Bumi ini. 

PROHABA.CO - Cina mengeklaim misi pesawat luar angkasa Chang'E-5 berhasil menemukan bukti keberadaan air di Bulan.

Misi eksplorasi tanpa awak itu tidak hanya mengumpulkan sampel material Bulan, tetapi juga mendeteksi adanya air dalam data spektral reflektansi dari permukaan Bulan.

Misi Chang'E-5 membuktikan adanya 120 parts per million (ppm) air seperti hidroksil atau H2O pada regolith Bulan di Northern Oceanus Procellarum, tempat pesawat ruang angkasa itu mendarat.

Menariknya, berdasarkan analisis pengukuran Chang'E-5, dari sebuah batu di sekitarnya menunjukkan kandungan air yang lebih tinggi, sekitar 180 ppm.

Batu ini dikatakan peneliti mungkin membuktikan ada sumber air tambahan di permukaan Bulan.

Baca juga: Kini Miliarder Berlomba-lomba Berwisata ke Luar Angkasa

"Masih belum jelas apakah air yang kami deteksi adalah hidroksil atau air molekuler," tulis mereka dalam laporan temuan kandungan air dalam misi eksplorasi Bulan Chang'e yang dilakukan Badan Antariksa Cina

Studi yang telah dipublikasikan di Science Advances pada 7 Januari 2022 ini dipimpin Profesor Lin Yangting dan Lin Honglei dari Institute of Geology and Geophysics di Chinese Academy of Sciences.

Mereka bekerja sama dengan beberapa ilmuwan dari National Space Science Center of CAS, University of  Hawaii, Shanghai Institute of Technical Physics of CAS, serta Nanjing University.

Melansir Science Alert, Selasa (11/1/2022) tim peneliti dalam misi Cina di Bulan mengungkapkan bahwa kandungan air di bulan itu sebagian besar terkait dengan implantasi angin matahari. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved