Breaking News:

Peneliti Ajari Ikan Mas Menyetir dan Berhasil

Para peneliti di Ben-Gurion University di Israel melatih beberapa ikan mas untuk "menyetir". Ikan-ikan mas tersebut dilatih untuk mengoperasikan ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: TWITTER @ronen_segev
Salah satu ikan mas yang diajari menyetir oleh para peneliti dari Ben-Gurion University di Israel. 

PROHABA.CO, TEL AVIV - Para peneliti di Ben-Gurion University di Israel melatih beberapa ikan mas untuk "menyetir".

Ikan-ikan mas tersebut dilatih untuk mengoperasikan kendaraan yang didesain khusus untuk mengeksplorasi apakah spesies mereka mampu bernavigasi di darat.

Dan hasilnya, ikan-ikan mas itu berhasil menyetir sebagaimana penelitian tersebut yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Brain Research.

“Studi ini mengisyaratkan bahwa kemampuan navigasi bersifat universal,” kata Shachar Givon, mahasiswa S3 sekaligus salah satu penulis penelitian itu.

“Ini menunjukkan bahwa ikan mas memiliki kemampuan kognitif untuk mempelajari tugas yang kompleks di lingkungan yang sama sekali berbeda dengan lingkungan tempat mereka berevolusi,” sambung Givon sebagaimana dilansir NPR, Selasa (11/1/2022).

Penelitian tersebut bertolak dari pertanyaan apakah kemampuan navigasi bawaan hewan bersifat universal atau terbatas pada lingkungan alami mereka.

Baca juga: Pria Malaysia Jual Tanah Demi Beli Ikan Koi Seharga Rp 1 Miliar

“Tak perlu dikatakan bahwa ikan, secara umum, tidak secara alami diperlengkapi untuk menjelajahi lingkungan asing,” tulis studi tersebut.

Untuk mengatasi rintangan ini, para peneliti menciptakan kendaraan khusus yang bisa dioperasikan ikan yang dinamakan FOV.

Kendaraan tersebut terdiri atas satu set roda di bawah tangki ikan mas serta menggunakan sistem kamera yang rumit untuk merekam dan menerjemahkan gerakan ikan ke arah navigasi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved