Tim Tabur Kejati Aceh Eksekusi Buronan Kasus Kayu Ilegal

Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh mengeksekusi Edi Saputra bin Zainuddin, terpidana kasus pemilikan dan pengangkutan kayu ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: IST
Penangkapan DPO kasus pengrusakan hutan. 

PROHABA.CO, BANDA ACEH - Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh mengeksekusi Edi Saputra bin Zainuddin, terpidana kasus pemilikan dan pengangkutan kayu ilegal.

Pria yang kabur sejak 2017 itu diciduk di kediamannya di Gampong Ie Mirah, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Selasa (17/5/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis mengatakan,

pada 2017 lalu hakim memvonis Edi satu tahun penjaradan denda Rp 500 juta subsider 1 bulan penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja mengangkut hasil hutan

berupa kayu yang tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 83 ayat (1) huruf (b) UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Baca juga: Kejari Bireuen Tangkap Tervonis Pencuri Batu Gajah, Jadi Buronan Sejak 2016

Baca juga: Buronan Sabu 6 Kg di Aceh Utara Kabur ke Luar Negeri, Diperkirakan ke Malaysia

“Dia sudah dipanggil secara patut oleh jaksa penuntut umum untuk melaksanakan putusan tersebut, tapi yang bersangkutan mangkir dan melarikan diri,” kata Ali.

Selasa lalu, Tim Tabur Kejati bekerja sama dengan Tim Tabur Kejari Nagan Raya telah mendapat informasi bahwa Edi Saputra bin Zainuddin pulang ke rumahnya di Nagan Raya.

Tim langsung bergerak dan Edi pun ditangkap. Kini dia telah dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II B Meulaboh. (Beritakini.co)

Baca juga: Dua Pengangkut 6 Ton Getah Pinus Ilegal Diciduk Polisi

Baca juga: Agar Terhindar dari Jebakan Investasi Ilegal, Ini Tiga Langkah yang Perlu Dilakukan

Baca juga: Bea Cukai Langsa Tangkap 3 Tersangka Penyelundup Barang Ilegal dari Thailand

  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved