Tahukah Anda

Bahan Kimia Baru Sangat Reaktif Ditemukan di Atmosfer Bumi

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa jutaan ton bahan kimia baru yang sangat reaktif yang disebut hidrotrioksida, dapat bertahan di atmosfer Bumi ...

Editor: Muliadi Gani
Shutterstock/Artsiom P
Lubang ozon di atmosfer dari luar angkasa. Elemen gambar ini dilengkapi oleh NASA. Bahan kimia sangat reaktif ditemukan di atmosfer Bumi. 

PROHABA.CO - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa jutaan ton bahan kimia baru yang sangat reaktif yang disebut hidrotrioksida, dapat bertahan di atmosfer Bumi selama beberapa jam.

Hal ini pun dapat berimplikasi bagi kesehatan manusia dan iklim global.

Bahan kimia dapat berinteraksi sangat cepat dengan senyawa lain, membuat para ahli kimia mempelajari dan memikirkan terkait proses terjadinya di atmosfer.

Telah lama diduga bahwa hidrotrioksida, senyawa kimia yang mengandung atom hidrogen dan tiga atom oksigen, terlalu tidak stabil untuk bertahan lama di bawah kondisi atmosfer.

Namun, penelitian yang dilakukan kali ini menunjukkan hidrotrioksida merupakan produk reguler dari banyak reaksi kimia umum, dan dapat tetap cukup stabil untuk bereaksi dengan senyawa lainnya di atmosfer.

“Kami menunjukkan masa hidup salah satu dari hidrotrioksida setidaknya 20 menit,” ujar ahli kimia di Universitas Kopenhagen Henrik Grum Kjærgaard, yang juga salah satu penulis studi seperti dikutip dari Live Science, Kamis (2/6/2022).

Adapun penelitian pembentukan hidrotrioksida di atmosfer telah terbit secara online pada 26 Mei lalu.

Baca juga: Mengapa Alien Tidak Pernah Kunjungi Bumi?

Ini menjadi studi yang pertama untuk meneliti keberadaan bahan kimia ultrareaktif tersebut di atmosfer.

Namun, penemuan tersebut tidak mengartikan adanya sesuatu baru yang sedang terjadi di atmosfer.

Justru sebaliknya, hidrotrioksida kemungkinan selalu terbentuk di sana.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved