Tahukah Anda

Apa Isi Mimpi Orang Buta Saat Tidur?

Manusia adalah makhluk yang sangat visual. Hampir setengah dari otak kita fokus untuk memproses informasi visual ...

Editor: Muliadi Gani
ist
Ilustrasi orang buta. 

PROHABA.CO - Manusia adalah makhluk yang sangat visual.

Hampir setengah dari otak kita fokus untuk memproses informasi visual.

Bahkan, sebagian besar jaringan otak yang bertanggung jawab untuk menyediakan penglihatan telah terbentuk sejak awal perkembangan janin.

Ini berarti bahwa sejak masa kelahiran, kita mulai mengumpulkan berbagai pengalaman dan kenangan hidup yang sangat bergantung pada penglihatan.

Sepanjang hayat, kita mengaitkan sebagian besar interaksi kita dengan gambaran visual ketimbang dengan ingatan dan pengalaman yang terbentuk lewat indra pendengaran atau penciuman.

Jadi, bagi kita yang memiliki penglihatan yang “normal”, mimpi kita saat tidur dipenuhi gambaran visual yang kita alami langsung saat mata kita terbuka.

Untuk memahami bagaimana orang-orang buta bermimpi dalam tidurnya, kita perlu membedakan pengalaman dari mereka yang telah buta sejak lahir dengan mereka yang baru mengalami kebutaan di tengah perjalanan hidup.

Baca juga: Mengapa Kita Bermimpi Saat Tidur?

Baca juga: Hujan Es Terbesar di Dunia Tewaskan Ratusan Orang

Tampak jelas dan imajinatif

Manusia yang lahir tanpa penglihatan tidak mampu mengumpulkan memori visual, jadi mereka memahami dunia sepenuhnya melalui indra yang lain.

Akibatnya, orang-orang dengan kebutaan saat lahir mengembangkan kemampuan luar biasa untuk memahami dunia melalui serangkaian pengalaman dan ingatan yang berasal dari indra nonvisual mereka.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved