Berita Banda Aceh

Dishub Warning Truk Pengangkut Material yang Masuk Jalan Kota Banda Aceh, Ada Apa?

Dishub Kota Banda Aceh memperingatkan sopir dan pengusaha truk pengangkut tanah dan material proyek yang melintas agar menggunakan terpal

Editor: Misran Asri
Kolase DOK Dishub Kota Banda Aceh
Sebuah truk pengangkut material yang memasuki jalan protokol dalam Kota Banda Aceh tidak menggunakan penutup atau terpal, sehingga kondisi itu membahayakan pengguna jalan lainnya. 

Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh memperingatkan atau mewarning sopir dan pengusaha truk pengangkut tanah dan material proyek yang melintas agar menggunakan penutup (terpal).

PROHABA.CO, BANDA ACEH - Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh mewarning (peringatkan) sopir dan pengusaha truk pengangkut tanah dan material proyek yang melintas agar menggunakan penutup (terpal).

Penegasan itu disampaikan Kadishub Kota Banda Aceh, Wahyudi SSTP, melalui Kabid Pembinaan dan Pengawasan Keselamatan, Aqil Perdana Kesuma, SH, MH.

Aqil mengatakan masih ada truk-truk yang melintas mengabaikan keselamatan bagi pengguna jalan lainnya.

Karena itu Aqil menyebutkan setiap truk pengangkut tanah dan material proyek wajib menggunakan penutup material yang diangkut.

Bila tidak diindahkan akan ditindak.

Baca juga: Pelabuhan Kuala Langsa Dangkal, Pemko Lapor ke Kadishub Aceh

"Masuk kota dan melewati jalan-jalan protokol wajib mematuhi ketentuan uUndang-Undang Lalu Lintas yang berlaku," kata Aqil, Selasa (9/8/2022).

Dishub mengimbau agar armada dum truk tersebut menggunakan standar operasional prosedur (SOP) saat melintas dan menjalankan aktivitas mengangkut tanah serta material bangunan lainnya.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ kendaraan pengangkut tanah dan material lain yang sifatnya menimbulkan debu dan bau harus dan wajib menggunakan penutup bak dengan menggunakan terpal, tegas Aqil.

Lalu di dalam Pasal 307 UU LLAJ berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved