Luar Negeri

Menyamar Jadi Paranormal, Anak Tipu Ibu Rp 2 Triliun

Wanita Brasil bernama Sabine Coll Boghici (48) ditangkap pada Rabu (10/8/2022) atas tuduhan berkomplot menipu ibu kandungnya yang berusia 82 tahun,...

Editor: Muliadi Gani
POLISI RIO DE JANEIRO via AP
Lukisan karya Tarsila do Amaral berjudul Sol Poente yang disita polisi Brasil saat penggerebekan di Rio Janeiro, Rabu (10/8/2022). Polisi menahan enam orang atas kasus pencurian 16 karya seni senilai total lebih dari 700 juta reais (Rp 2 triliun), yang dicuri dari Genevieve Boghici (82) istri mendiang kolektor seni Jean Boghici. 

PROHABA.CO, RIO DE JANEIRO - Wanita Brasil bernama Sabine Coll Boghici (48) ditangkap pada Rabu (10/8/2022) atas tuduhan berkomplot menipu ibu kandungnya yang berusia 82 tahun, Genevieve Boghici.

Genevieve adalah istri mendiang kolektor seni Jean Boghici.

Sabine menipunya demi uang, karya seni, dan perhiasan dengan total sekitar 724 juta reais (Rp 2 triliun).

Penangkapannya turut mengungkap jaringan penipuan bertahun-tahun yang menurut polisi melibatkan paranormal gadungan.

Mereka menipu beberapa pelukis terkenal di Brasil.

Sebanyak empat orang lainnya juga ditangkap, sedangkan dua lainnya yang bernama Diana Rosa Aparecida Stanesco Vuletic dan Slavko Vuletic masih buron.

Baca juga: Manajer Benarkan Dokter Richard Lee Laporkan Razman Nasution atas Dugaan Penipuan

Dikutip dari Reuters pada Kamis (11/8/2022), penipuan itu dimulai pada 2020 ketika Genevieve didekati seorang paranormal yang meramalkan kematian putrinya sudah dekat.

Korban kemudian dibawa ke beberapa paranormal lagi.

Menurut polisi, para tersangka menggunakan informasi dari putrinya untuk menipu Genevieve yang putus asa agar mentransfer uang untuk membayar "perawatan spiritual".

Pada bulan-bulan berikutnya, polisi menuduh para tersangka secara fisik mengancam Genevieve dan dia ditahan di rumah selama berbulan-bulan oleh putrinya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved