Kasus

Banding Ferdy Sambo Akal-akalan Biar Dapat Pensiun, Pendapat Pengacara Brigadir J

Pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menanggapi langkah mantan Kadiv Propam Polri, ...

Editor: Muliadi Gani
Kolase Tribunnews
Irjen Pol Ferdy Sambo 

PROHABA.CO, JAKARTA - Pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menanggapi langkah mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo yang mengajukan pengunduran diri hingga banding setelah dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat atau PTDH.

Menurut Kamaruddin, apa yang dilakukan Ferdy Sambo dengan mengundurkan diri hingga mengajukan banding tersebut merupakan akalakalan untuk mempertahankan dirinya bisa tetap menjadi anggota Polri.

Dengan begitu, meskipun bakal dipidana Ferdy Sambo bisa tetap menikmati haknya mendapat pensiun jika tetap menjadi anggota kepolisian.

“Itu akal-akalan dia supaya tetap menjadi anggota polisi dan tetap mendapatkan hak-hak pensiun, kalau dia mundur kan gitu,” kata Kamaruddin di Jakarta pada Jumat (26/8/2022).

Karena itu, Kamaruddin meminta kepada komisi kode etik yang menyidang Ferdy Sambo untuk mengabaikan surat pengunduran diri dan upaya banding tersebut.

Baca juga: POPULER NASIONAL Ferdy Sambo Emosi Ditanya soal Insiden di Magelang | Rekonstruksi Kasus Brigadir J

“Saya ingatkan kepada komisi kode etik supaya tidak menghiraukan,” ujar Kamaruddin.

Meskipun begitu, Kamaruddin mengakui bahwa pengajuan banding yang dilakukan merupakan hak dari mantan Kadiv Propam Polri tersebut.

Namun, Kamaruddin mengatakan pihaknya menginginkan agar Ferdy Sambo tetap dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

“Kalau dia banding itu hak dia, tetapi kita berharap tetap PTDH,” ujar Kamaruddin.

Sebelumnya, bekas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengajukan banding setelah mendengar putusan hasil sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022) dini hari.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved