Tahukah Anda

Perilaku Hewan di Kebun Binatang Ternyata Berubah Selama Pandemi

Saat pandemi Covid- 19 melanda dunia, banyak hal yang berubah dan kita pun melakukan berbagai penyesuaian.Tak terkecuali perilaku hewan-hewan, ...

Editor: Muliadi Gani
KOMPAS.COM/AGIE PERMADI
ilustrasi.Tampak duo jerapah, Satwa Afrika yang bernama Kemal (2) dan Tania (2,7) tengah bercengkrama di area zona Afrika di Bazoga atau Kebun Binatang Bandung. 

PROHABA.CO - Saat pandemi Covid- 19 melanda dunia, banyak hal yang berubah dan kita pun melakukan berbagai penyesuaian.

Tak terkecuali perilaku hewan-hewan, termasuk yang ada di kebun bintang (zoo).

Hewan di kebun binatang yang biasanya mendapat kunjungan dari banyak orang tiba-tiba tak melihat kerumunan itu lagi setiap hari.

Perubahan tersebut rupanya, menurut sebuah studi, baru berpengaruh pada perilaku hewan-hewan di kebun binatang.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (10/9/2022), studi baru telah mengamati bagaimana primata bereaksi terhadap perubahan di kebun binatang.

Dalam studi ini, peneliti menemukan hewan seperti bonobo, simpanse, gorila dataran rendah barat, dan babun mengubah kebiasaan mereka dalam berbagai cara.

Termasuk dalam hal jumlah waktu yang mereka habiskan untuk istirahat dan makan ketika kebun binatang ditutup.

Baca juga: Lompati Pagar Pembatas Kebun Binatang, Pria Nekat Tewas Diterkam Singa

“Primata adalah spesies (hewan) yang paling maju secara kognitif di kebun binatang dan interaksi mereka dengan pengunjung juga kompleks,” kata Samantha Ward, ilmuwan kesejahteraan hewan kebun binatang dari Notthingham Trent University, Inggris.

“Keterbatasan untuk memahami bagaimana pengunjung dapat memengaruhi perilaku hewan di kebun binatang setelah pembatasan dengan publik dalam waktu yang lama merupakan kesempatan yang unik,” terangnya.

Pengamatan terhadap primata direkam di Kebun Binatang Twycross dan Knowsley Safari di Inggris, baik sebelum dan sesudah pengunjung kembali.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved