Breaking News:

Tiga Vaksin Covid-19 Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona

SEJUMLAH studi baru yang diterbitkan Rabu (5/5/2021) menunjukkan seberapa baik vaksin Covid-19 bekerja melawan varian baru virus corona ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
Ilustrasi vaksin mRNA Moderna. Moderna mulai uji coba vaksin mRNA generasi baru. 

PROHABA.CO - SEJUMLAH studi baru yang diterbitkan Rabu (5/5/2021) menunjukkan seberapa baik vaksin Covid-19 bekerja melawan varian baru virus corona yang mengkhawatirkan.

Setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa dosis penguat dapat membantu vaksin bekerja lebih baik, sehingga penting untuk mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

Berikut ini tiga vaksin Covid-19 yang terbukti mampu memberi perlindungan terhadap varian baru virus corona:

1. Vaksin Pfizer

Studi nasional pertama tentang vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Israel, menunjukkan vaksin Pfizer/BioNtech bekerja jauh lebih baik setelah dua dosis.

Melansir CNN, Dr Eric Haas dari Kementerian Kesehatan Israel dan rekan melaporkan dalam jurnal medis Lancet bahwa dua dosis vaksin Covid-19 mampu memberikan perlindungan lebih dari 95% dari infeksi, penyakit parah, dan kematian.

"Dua dosis BNT162b2 sangat efektif di semua kelompok usia dalam mencegah infeksi SARS-CoV-2 yang bergejala dan tidak bergejala, serta rawat inap terkait Covid-19, penyakit parah, dan kematian, termasuk yang disebabkan oleh SARS-CoV -2 varian B.1.1.7,” tulis mereka.

Varian B.1.1.7, pertama kali ditemukan di Inggris, kemudian menyebar luas dan sekarang menjadi varian baru yang paling umum terlihat di AS.

Baca juga: Mutasi Virus Corona Bisa Menghindari Vaksin

Hal serupa juga terjadi di Israel ketika penelitian selesai.

Varian B.1.351, yang pertama kali terlihat di Afrika Selatan, juga beredar di Israel, tetapi tidak menyebabkan banyak infeksi pada saat penelitian.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved