Breaking News:

Sumber Virus Corona dari Peternakan Satwa Liar

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang asal-usul virus corona SARS-CoV-2 yang memicu pandemi global telah keluar hari Selasa (30/3/2021)...

FOTO: GETTY IMAGES
Staf medis di Rumah Sakit Jin Yintan, Wuhan, Cina, pada 17 Januari 2020. Kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Wuhan pada akhir 2019. 

PROHABA.CO - Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang asal-usul virus corona SARS-CoV-2 yang memicu pandemi global telah keluar hari Selasa (30/3/2021) lalu.

Kendati demikian, ada laporan awal WHO yang didapat NPR.

Sebagaimana Dilansir NPR, Senin (29/3/2021), berdasarkan data yang didapat WHO, pasar grosir makanan laut di Huanan, Wuhan, bukanlah sumber asli wabah virus corona.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa teori yang mengatakan virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan adalah sesuatu yang sangat tidak masuk akal.

Temuan terbaru berdasarkan data, peternakan di Asia Tenggara dikaitkan dengan kasus infeksi Covid-19 yang menginfeksi manusia paling awal.

Oleh sebab itu, riset lanjutan di peternakan ini sangat diperlukan.

Dalam wawancara eksklusif bersama NPR minggu lalu, Peter Daszak, ahli ekologi penyakit yang ikut dalam investigasi selama dua minggu di Cina mencatat, pemasok peternakan satwa liar di pasar Wuhan yang sejak awal diidentifikasi sebagai asal virus corona, adalah titik awal pandemi.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Tak Terdeteksi Tes PCR

Laporan WHO ini kemungkinan besar akan menimbulkan kontroversi.

Jamie Metzl, ahli virus yang bertugas di Komite Penasihat Rekayasa Genetika WHO menyebut, ini adalah riset investigasi yang sangat diwaspadai dan dikuratori.

Metzel termasuk di antara sekelompok ilmuwan yang menandatangi surat yang berisi hasil laporan studi di Cina yang terbit Selasa ini, tidak lengkap dan tidak akurat.

Halaman
1234
Editor: Muliadi Gani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved