Breaking News:

Pria dengan Testosteron Rendah Berpeluang Idap Covid-19 Parah

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa pria dengan kadar testosteron rendah lebih mungkin terkena Covid-19 yang parah...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pasien Covid-19 yang sedang mendapat perawatan dari tim medis. 

PROHABA.CO - Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa pria dengan kadar testosteron rendah lebih mungkin terkena Covid-19 yang parah.

Analisis sebelumnya menemukan bahwa pria cenderung mengembangkan Covid-19 yang lebih parah dibandingkan dengan wanita, tetapi tidak jelas mengapa.

Rata-rata, pria menghasilkan tingkat testosteron yang jauh lebih tinggi daripada wanita.

Satu teori menyatakan, kadar testosteron yang tinggi dapat menyebabkan pria mengalami keadaan yang lebih buruk daripada wanita saat terinfeksi Covid-19.

Namun, temuan studi baru membantah hipotesis itu.

Dilansir dari Live Science, Kamis (26/5/2021), untuk memahami hubungan antara testosteron dan tingkat keparahan Covid-19, para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 90 pria dan 62 wanita yang mengunjungi Rumah Sakit Barnes-Jewish di St Louis.

Semua responden dinyatakan positif Covid-19 dan disertai gejala terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Dari pasien tersebut, 143 orang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Muncul Vaksin Ilegal

Peneliti mengambil sampel darah dari pasien yang masih dirawat di rumah sakit pada hari ketiga, ketujuh, ke-14, dan ke-28.

Para peneliti kemudian mengukur kadar testosteron pasien, suatu bentuk estrogen yang dikenal sebagai estradiol dan hormon pertumbuhan yang dikenal sebagai insulin-like growth factor-1 (IGF-1).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved