Breaking News:

UEA Borong 80 Jet Tempur Rafale Prancis

Uni Emirat Arab (UEA) dan Prancis telah meneken kesepakatan pertahanan senilai 19 miliar dolar AS, Jumat (3/12/2021). Negara Teluk akan memperoleh ...

Editor: Muliadi Gani
VANDERWOLF IMAGES/SHUTTERSTOCK
Dassault Rafale. 

PROHABA.CO, ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) dan Prancis telah meneken kesepakatan pertahanan senilai 19 miliar dolar AS, Jumat (3/12/2021).

Negara Teluk akan memperoleh 80 jet tempur Rafale dan 12 helikopter militer Prancis.

“Kontrak ini memperkuat kemitraan strategis yang lebih kuat dari sebelumnya dan secara langsung berkontribusi pada stabilitas regional,” sebut kantor kepresidenan Prancis dalam sebuah pernyataan usai Macron dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menandatangani kesepakatan di sela pertemuan Dubai Expo 2020.

Penjualan luar negeri terbesar jet Rafale disepakati ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron memulai perjalanan dua hari ke Teluk.

Selain ke Abu Dhabi, Macron juga akan mengunjungi Qatar dan Arab Saudi.

Kunjungan Macron terjadi pada saat negara-negara Teluk Arab telah menyuarakan ketidakpastian tentang fokus Amerika Serikat di kawasan itu bahkan ketika mereka mencari lebih banyak senjata dari sekutu keamanan utama mereka.

Baca juga: Setelah Terbangkan 25 Pesawat, Lagi, Cina Kerahkan 39 Jet Tempur ke Taiwan

Pemimpin Prancis telah menjalin hubungan baik dengan MBZ dengan investasi yang mengalir di antara kedua negara.

“Kesepakatan baru ini akan secara langsung mendukung 7.000 pekerjaan di Prancis dan menjamin rantai pasokan pesawat buatan Dassault Aviation hingga akhir 2031,” ucap seorang pejabat Prancis dikutip laman Aljazirah, Sabtu (4/12/2021).

Dia juga mengatakan kontrak UEA akan mengarah pada peningkatan produksi Rafale bulanan.

Saham Dassault Aviation SA, pembuat Rafale, kemudian naik lebih dari 9 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved