Breaking News:

Tahukah Anda

Virus Corona ‘Sembunyi’ dari Antibodi dan Menyebar ke Sel

Para ahli baru-baru ini menemukan bahwa SARS-CoV-2 atau virus corona penyebab Covid-19 dapat bertahan dan menyebar dari sel ke sel pada orang ...

Editor: Muliadi Gani
Free/crowf
ILUSTRASI Covid-19 varian Delta Plus 

PROHABA.CO - Para ahli baru-baru ini menemukan bahwa SARS-CoV-2 atau virus corona penyebab Covid-19 dapat bertahan dan menyebar dari sel ke sel pada orang yang telah terinfeksi.

Menurut studi yang telah dipublikasikan pada Rabu (22/12/2021) di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, virus telah mengadopsi beberapa gerakan ‘sembunyi-sembunyi’ untuk tetap hidup.

Selain itu, para peneliti jugamengumumkan salah satu rahasia virus corona berhasil ‘bersembunyi’ dari sistem kekebalan tubuh adalah dengan menyebar melalui transmisi sel ke sel.

Berdasarkan eksperimen kultur sel, para peneliti menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, membatasi pelepasan partikel virus yang dapat dinonaktifkan oleh antibodi.

Akan tetapi, partikel-partikel itu tetap terselip di dalam dinding sel kemudian menyebar di antara sel.

“Pada dasarnya ini adalah bentuk penularan bawah tanah,” ujar profesor virologi di Department of Veterinary Biosciences di Ohio State University, Shan-Lu Liu dilansir dari Phys, Kamis (23/12/2021).

Sebagai penulis utama studi, Liu menjelaskan dalam riset ini bahwa SARS-CoV-2 menyebar dari sel ke sel karena pada dasarnya tidak ada penghambat dari sistem imun manusia.

Baca juga: Penderitanya Bergejala Ringan, Tapi Omicron Tetap Perlu Diwaspadai

Sel target menjadi sel donor dan hanya menjadi gelombang penyebaran karena virus tidak dapat keluar dari sel.

Liu dan timnya juga mengungkapkan spike protein virus pada permukaan saja memungkinkannya untuk menyebar dari sel ke sel.

Namun, reseptor utama virus pada sel target bukanlah bagian yang diperlukan bagi proses transmisi sel ke sel.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved