Teror KKB, Warga Didor, Rumah dan Pasar Dibakar

Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, masih berlanjut setelah Sabtu (19/2) mereka menembak seorang anggota Kopasgat ...

Editor: Muliadi Gani
Dok Pendam XVII Cenderawasih
Drone milik TNI berhasil merekam pergerakan anggota KKB yang melakukan aksi teror di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (20/2/2022) 

PROHABA.CO, JAYAPURA - Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, masih berlanjut setelah Sabtu (19/2) mereka menembak seorang anggota Kopasgat di sekitar Bandara Aminggaru.

Usai kejadian tersebut, KKB diketahui menembaki truk milik PT MTT.

Seorang warga bernama Glen Sumampo yang ada di dalam truk mengalami luka tembak.

Saat kejadian, Glen Sumampo bersama temannya James Boniyaga mengendarai truk perusahaan menuju ke arah Kampung Kago, Distrik Ilaga, untuk mencari jaringan internet sekaligus mencari galon air minum.

"Sesampainya di dekat Tugu Kampung Kago, KKB mendekati truk yang dikemudikan korban dengan beralasan meminjam korek api untuk membakar rokok," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui keterangan tertulis, Minggu (20/2).

"Kemudian pelaku langsung melakukan penembakan terhadap truk yang mengakibatkan korban terkena tembakan pada rusuk kiri, tembus rusuk kanan atas," sambung Kamal.

Kamal mengatakan, setelah melakukan penembakan, KKB langsung berlari ke arah Tower Telkomsel yang berada di Kampung Nipuralome.

Sementara korban Glen Sumampo langsung di Evakuasi menuju Puskesmas Ilaga oleh rekannya dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Baca juga: KKB Tembaki Truk Perusahaan di Puncak Papua, 1 Pekerja Luka

Ternyata aksi KKB tidak berhenti di situ karena kemudian mereka melakukan pembakaran kantor PT MTT.

"Setelah kejadian penembakan terhadap karyawan PT MTT, terlihat asap tebal dari arah kali Ilame kampung Wako yang merupakan mess karyawan PT MTT dan salah satu unit rumah terbakar habis," kata Kamal.

Teror yang dilakukan KKB berlanjut pada Minggu (20/2) ketika aparat keamanan tengah mencoba melakukan evakuasi dua korban penembakan ke Mimika dengan menggunakan pesawat.

"Saat berada di Bandara, tiba-tiba dari atas bukit ada tembakan yang dilakukan oleh Kelompok separatis dan teroris (KST) ke arah Aparat Keamanan.

Sehingga aparat TNI dari Kopasgat membalas tembakan ke arah KKB," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga.

Setelah itu, suara tembakan juga terdengar dari Kampung Nipuralome yang menjadi lokasi pelarian KKB usai menembak karyawan PT MTT pada Sabtu (19/2).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved