Kecanggihan Teleskop Webb Berpotensi Temukan Alien

Para ilmuwan mengatakan “era baru astronomi” dapat terjadi setelah peluncuran teleskop James Webb. Dilansir Sky News, ...

Editor: Muliadi Gani
Image credit: NASA
Ilustrasi Teleskop Luar Angkasa James Webb setelah semua bagian cermin terpasang 

PROHABA.CO, BALTIMORE - Para ilmuwan mengatakan “era baru astronomi” dapat terjadi setelah peluncuran teleskop James Webb. Dilansir Sky News, perangkat ini diharapkan dapat secara mendalam mengubah pemahaman para ilmuwan tentang alam semesta dan tempat tinggl manusia di dalamnya.

NASA, yang mempro-duksi teleskop inframerah senilai 10 miliar dolar AS, dalam kemitraan dengan badan antariksa Eropa dan Kanada, telah memujinya sebagai observatorium sains luar angkasa perdana pada dekade berikutnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan teleskop James Webb? Teleskop ini disebut akan memberikan pandangan kepada manusia tentang alam semesta bayi, seperti yang ada ketika galaksi paling awal diyakini telah terbentuk.

Sebagai pengganti teleskop Hubble, Webb dapat melihat kosmos hanya 100 juta tahun setelah Big Bang, titik nyala teoritis yang menyebabkan perluasan alam semesta, terjadi pada 13,8 miliar tahun lalu.

Sebagai perbandingan, Hubble hanya dapat melihat kembali sekitar 400 juta tahun setelah Big Bang.

Para astronom ingin menggunakan Webb untuk mempelajari lubang hitam supermasif yang diyakini menempati pusat galaksi jauh.

Baca juga: NASA Bangun Teleskop Super Mahal untuk Singkap Misteri Big Bang

Ahli kosmologi akan bekerja untuk memetakan materi gelap di sekitar galaksi untuk mengungkap lebih banyak tentang zat misterius yang dianggap membentuk sebagian besar alam semesta.

Lantas, bisakah teleskop Webb menemukan alien? Observatorium luar angkasa ini juga akan menyelidiki apakah planet- planet di luar tata surya kita mungkin cocok untuk kehidupan.

Kamera pada teleskop akan mengambil gambar planet lain untuk mencari keberadaan air dan petunjuk kehidupan lainnya di atmosfer.

Profesor Martin Barstow, seorang ilmuwan yang membantu mengembangkan perangkat tersebut, mengatakan hal itu dapat mengungkapkan keberadaan bentuk kehidupan ekstraterestrial (ET) atau alien di luar angkasa.

“Kami akan belajar tentang asal usul alam semesta dan bagaimana kehidupan muncul dan mungkin, meskipun kami tidak dapat menjamin, tentang kehidupan lain di galaksi kita juga,” katanya.

Dia menggambarkan peluncuran itu sebagai “awal dari era baru dalam astronomi”.

Teleskop sangat penting sehingga akan sepenuhnya mengubah cara kita memandang alam semesta dan cara kita memandang tempat kita di dalamnya,” katanya.

Baca juga: India Dapat Nasal Spray Pertama untuk Obati Pasien Covid-19 Dewasa

Webb memang sekitar 100 kali lebih sensitif daripada Hubble.

Hubble beroperasi terutama pada panjang gelombang optik dan ultraviolet, sedangkan Webb akan dapat melihat kosmos dalam spektrum inframerah, mengintip melalui awan gas dan debu tempat bintang-bintang dilahirkan.

Cermin utama teleskop baru memiliki area pengumpulan cahaya yang jauh lebih besar yang memungkinkannya mengamati objek pada jarak yang lebih jauh.

Teleskop Webb akan menghabiskan satu bulan untuk mencapai tujuannya di orbit matahari, sekitar 1 juta mil dari Bumi dan sekitar empat kali lebih jauh dari bulan.

Jalur orbit khusus perangkat akan membuatnya tetap sejajar dengan Bumi dan lintasannya mengelilingi matahari.

Setelah sekitar enam bulan penyelarasan dan kalibrasi cermin dan instrumen Webb, operasi teleskop akan dikelola dari Institut Sains Teleskop Luar Angkasa di Baltimore. (Kompas. com)

Baca juga: Pesawat Luar Angkasa NASA Berhasil Menyentuh Matahari

Baca juga: Adopsi 2 Anak Kucing Kampung, Cinta Laura Tuai Pujian Warganet

Baca juga: Kejari Bireuen Tangkap Tervonis Pencuri Batu Gajah, Jadi Buronan Sejak 2016

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved