Rusia vs Ukraina

Wartawan AS Ditembak Mati Pasukan Rusia, Ini Tanggapan Gedung Putih

Seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) Brent Renaud (51), dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Rusia di Ukraina pada Minggu (13/3/2022).

Editor: IKL
Sumber: New York Post
Brent Renaud, seorang jurnalis Amerika, tewas di pinggiran kota Kiev, Ukraina, pada Minggu, 13 Maret 2022, saat mengumpulkan bahan untuk laporan tentang pengungsi. (Sumber: New York Post) 

PROHABA.CO - Seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) Brent Renaud (51), dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Rusia di Ukraina pada Minggu (13/3/2022).

Kepala polisi di wilayah Kyiv, Andriy Nebitov, mengatakan Renaud telah terbunuh dan seorang jurnalis lainnya terluka oleh pasukan Rusia di Irpin.

"Para penyerbu dengan sinis membunuh bahkan jurnalis media internasional yang mencoba menunjukkan kebenaran tentang kekejaman pasukan Rusia di Ukraina," tulis Nebitov di Facebook, Minggu, seperti diberitakan The Indian Express.

Mengenai kabar tersebut, penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan kepada CBS News bahwa pemerintah Amerika Serikat akan berkonsultasi dengan pihak Ukraina untuk menentukan bagaimana ini terjadi dan akan menjalankan konsekuensi yang sesuai.

“Ini adalah bagian tak terpisahkan dari apa yang telah menjadi agresi berani di pihak Rusia, di mana mereka telah menargetkan warga sipil, mereka telah menargetkan rumah sakit, mereka telah menargetkan tempat-tempat ibadah, dan mereka telah menargetkan wartawan,” kata Sullivan, Minggu, dilansir Al Jazeera.

Sementara itu, The New York Times menanggapi laporan bahwa Renaud adalah seorang reporter untuk surat kabarnya.

Ia mengatakan, Renaud sebelumnya bekerja di sana, tetapi tidak ditugaskan untuk Times di Ukraina.

Ilustrasi - Prajurit Ukraina membawa mayat seorang kawan di atas tandu di kota Irpin, barat laut Kyiv, pada 13 Maret 2022. Seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) Brent Renaud (51), dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Rusia di Ukraina pada Minggu (13/3/2022).
Ilustrasi - Prajurit Ukraina membawa mayat seorang kawan di atas tandu di kota Irpin, barat laut Kyiv, pada 13 Maret 2022. Seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) Brent Renaud (51), dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Rusia di Ukraina pada Minggu (13/3/2022). (AFP)

Baca juga: Pangkalan Militer Ukraina Diserang Rusia, 35 Orang Tewas, 134 Lainnya Terluka

"Kami sangat sedih mendengar kematian Brent Renaud," kata juru bicara surat kabar itu di Twitter.

"Brent adalah pembuat film berbakat yang telah berkontribusi pada The New York Times selama bertahun-tahun."

 “Laporan awal bahwa dia bekerja untuk Times beredar karena dia mengenakan lencana pers Times yang telah dikeluarkan untuk tugas bertahun-tahun yang lalu," jelas juru bicara The New York Times.

Diberitakan BBC, Brent Renaud telah menjadi sasaran tentara Rusia.

Sementara, dua wartawan lainnya terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Ini adalah kematian pertama yang dilaporkan dari seorang jurnalis asing yang meliput perang di Ukraina.

Seorang jurnalis yang terluka, Juan Arredondo, mengatakan kepada seorang reporter Italia bahwa dia sedang bersama Renaud ketika mereka diserang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved