Nova Siapkan Anggaran Pemugaran Makam Potjut Meurah Intan di Blora

Makam Potjut Meurah Intan yang ada di Blora, mendapat kunjungan dari jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, yang langsung diziarahi oleh Gubernur

Editor: Muliadi Gani
Foto: Humas BPPA
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Bupati Blora, Arief Rohman saat melakukan ziarah makam Pocut Meurah Intan di kompleks Makam Keluarga, Tegal Sari, Blora, Jawa Tengah. 

PROHABA.CO, BLORA - Makam Potjut Meurah Intan yang ada di Blora, mendapat kunjungan dari jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, yang langsung diziarahi oleh Gubernur Nova Iriansyah.

Nova merasa perlu memugar makam tersebut sebagai penghormatan atas jasa Potjut Meurah Intan dalam mengusir penjajah Belanda pada masa kolonialisme.

Dia juga sudah menyiapkan anggarannya.

"Pemugaran yang resmi akan kami anggarkan di APBA (Anggaran Pendapatan Belanja Aceh) dan nanti DID-nya (Dana Insentif Daerah) akan disusun bupati, berapa yang dibutuhkan nanti kita alokasikan untuk penataan," ucap Nova di Makam Keluarga Tegalsari, Desa Temurejo, Kecamatan Blora, Kamis (17/3).

Menurutnya, pemugaran tersebut perlu dilakukan karena banyaknya permintaan dari masyarakat Aceh.

Baca juga: Baru 10 Hari Ditahan, Doni Salmanan Minta Dibawakan Peralatan Ibadah

"Karena banyak orang Aceh ataupun orang Aceh di Malaysia itu ingin berziarah ke makam Potjut Meurah Intan, sekaligus makam keluarga besar beliau di Blora," kata dia.

Selain melakukan pemugaran, Pemprov Aceh juga berniat menata kompleks pemakaman tersebut sebagai destinasi wisata ziarah.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa Potjut Meurah Intan dalam kegigihannya memperjuangkan bangsa Indonesia terbebas dari kolonialisme.

"Ini kita rapikan sambil mengenang jasa Potjut Meurah Intan dan keluarga besar di sini, kita juga akan menjadikan ini memviralkan sebagai destinasi wisata ziarah," terang dia.

Bahkan, dia juga mendorong supaya Potjut Meurah Intan dijadikan sebagai pahlawan nasional, sama seperti Malahayati yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional terlebih dahulu.

Baca juga: Selamat! Penyanyi Dangdut Siti Badriah Melahirkan Anak Pertama Berjenis Kelamin Perempuan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved