Resmi Dibentuk, Ini Tugas dan Fungsi Tim Transisi Pemindahan IKN

Pemerintah resmi membentuk tim transisi perpindahan Ibu Kota Negara (IKN). Susunan keanggotaan sudah tertuang dalam Keputusan Menteri ...

Editor: Muliadi Gani
KOMPAS.COM/Ahmad Riyad
Ribuan pengunjung memadati Titik Nol IKN Nusantara saat libur lebaran ini 

PROHABA.CO, JAKARTA - Pemerintah resmi membentuk tim transisi perpindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Susunan keanggotaan sudah tertuang dalam Keputusan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Nomor 105 Tahun 2022.

Tim transisi tersebut memiliki tugas sebagai pendukung persiapan, pembangunan, dan Pemindahan IKN.

"Dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN, dibentuk Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara, yang selanjutnya disebut tim transisi," sebut Pasal 1 beleid, dikutip Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Aturan tersebut juga menyebut beberapa tugas dan fungsi tim transisi yang tercantum dalam pasal 3.

Salah satu tugasnya, yaitu mengonsolidasikan penyelenggaraan program kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Lalu, tim transisi juga bertugas memfasilitasi tindak lanjut arahan/kebijakan Presiden guna memperlancar dan mempercepat persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Kemudian, memberikan fasilitasi bagi kegiatan sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Baca juga: RUU Sisdiknas Kasih Tempat Pengakuan Pendidikan Basis Agama

"Memberikan masukan mengenai langkah penyelesaian permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN," sebut pasal 3 poin d.

Di poin e, tugas dan fungsi tim transisi juga membantu penyiapan dan perencanaan termasuk tetapi tidak terbatas pada penataan regulasi, penanganan isu-isu hukum, dan kerja sama antara Otorita IKN dan pihak lain.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved