Luar Negeri

Unjuk Rasa Pecah di India, Protes Politisi BJP soal Nabi Muhammad

Aksi unjuk rasa pecah di banyak daerah India pada Jumat (10/6) untuk memprotes pernyataan dua anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) ...

Editor: Muliadi Gani
AP PHOTO/BIKAS DAS
Muslim India memblokir jalan saat mereka memprotes pernyataan juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) yang kontroversial terhadap Nabi Muhammad di Kolkata, India, Jumat (10/6/2022). 

PROHABA.CO, NEW DELHI – Aksi unjuk rasa pecah di banyak daerah India pada Jumat (10/6) untuk memprotes pernyataan dua anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dinilai menghina Nabi Muhammad.

Sebelumnya, dua mantan politisi dari partai berkuasa tersebut mengeluarkan pernyataan yang kontroversial tentang Nabi Muhammad.

Karena hal itu, pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi menghadapi reaksi keras dari umat Islam baik di dalam dan luar negeri, termasuk dari sejumlah negara Teluk.

Kedua politikus itu bernama Nupur Sharma yang merupakan juru bicara partai dan Naveen Jindal.

Sharma dan Jindal kemudian dipecat dari partai.

Kendati demikian, itu tidak meredakan kemarahan di sebagian kalangan komunitas Muslim dalam negeri, sebagaimana dilansir Reuters.

Sebelumnya, komunitas minoritas Muslim di India menghadapi sejumlah isu mulai dari kebebasan beribadah hingga pemakaian jilbab.

Baca juga: Komentarnya Menyinggung Umat Muslin, Pejabat di India Dihukum

Aksi protes terbaru terhadap pernyataan kontroversial berubah menjadi kerusuhan di sejumlah daerah.

Di Kota Prayagraj, Negara Bagian Uttar Pradesh, polisi antihuru-hara dengan perisai menyerang dan menembakkan gas air mata ke kerumunan pada Jumat.

Sebanyak 109 orang telah ditangkap dari berbagai distrik di Uttar Pradesh atas dugaan peran mereka dalam protes, lapor perwira senior polisi Prashant Kumar.

Di Ibu Kota Negara Bagian Jharkhand, Ranchi, pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah polisi dan melukai beberapa petugas.

Perwira senior polisi Anis Gupta mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa situasi sekarang terkendali.

Sementara itu, aksi protes di tempat lainnya tetap damai.

Di Kashmir, wilayah dengan mayoritas Muslim, kelompok-kelompok kecil berkumpul di puluhan lokasi, beberapa di antaranya meneriakkan slogan-slogan mengecam pejabat BJP yang dipecat tersebut.

Baca juga: LBH Papua: Sedikitnya 20 Orang Terluka dalam Demo Tolak DOB

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved