Tahukah Anda

Tujuh Komplikasi Kolesterol Tinggi dan Cara Mencegahnya

Kolesterol tinggi adalah kondisi saat kadar kolesterol dalam darah melebih batas normal. Kondisi ini sering tidak kita sadari dan hanya bisa diketahui

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
Ilustrasi orang dengan kolesterol tinggi. 

PROHABA.CO - Kolesterol tinggi adalah kondisi saat kadar kolesterol dalam darah melebih batas normal.

Kondisi ini sering tidak kita sadari dan hanya bisa diketahui secara pasti dengan melakukan cek kolesterol menggunakan panel lipid.

Namun, pada beberapa orang, kolesterol tinggi bisa ditandai dengan tangan dan kaki sering kesemutan, nyeri kaki, nyeri dada, dan mudah lelah.

Tidak semua kolesterol pada tubuh berdampak negatif.

Kolesterol yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit ialah low-density lipoprotein (LDL) atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kadar kolesterol LDL yang tidak terkontrol inilah yang dapat menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri seluruh tubuh.

Kondisi ini yang lantas disebut sebagai kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi berada di angka 200-239 mf/dL yang biasanya disebabkan gaya hidup tidak sehat, seperti terlalu sering konsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya pil KB, diuretik (melancarkan kencing), dan beberapa obat depresi, di samping faktor gen atau keturunan.

Baca juga: Ada Lima Penyebab Turunnya Kesehatan Jantung, Salahsatunya Merokok

Tingkat kolesterol yang tinggi di dalam darah jika tidak diatasi dapat memicu berbagai macam komplikasi kesehatan, antara lain:

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi saat tekanan dalam pembuluh darah melebihi normal.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved