Universitaria

Pengalaman Perkuat Daya Saing Mahasiswa Terjun di Dunia Kerja

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kini bukan satu-satunya modal bersaing di dunia kerja. Mahasiswa perlu memperkaya diri dengan beragam kemampuan ...

Editor: Muliadi Gani
Shutterstock
Ilustrasi mahasiswa internasional. 

PROHABA.CO - Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kini bukan satu-satunya modal bersaing di dunia kerja.

Mahasiswa perlu memperkaya diri dengan beragam kemampuan serta pengalaman sesuai dengan bidang kerja yang ingin digeluti.

Kabar baiknya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menyiapkan banyak program Kampus Merdeka bagi mahasiswa.

Mendukung program Kemendikbud sekaligus meningkatkan kualitas lulusan, Universitas Pertamina (Uper) kini memberikan pengalaman internasionalisasi bagi mahasiswanya.

Mengapa pengalaman internasionalisasi?

Menurut QS Global Employer Survey Report, 6 dari 10 perusahaan memberi nilai lebih untuk lulusan perguruan tinggi yang punya pengalaman internasional.

Dalam survei lain yang digagas oleh National Association of Colleges and Employers (NACE) disebutkan bahwa 97 persen lulusan dengan pengalaman mancanegara mendapatkan pekerjaan kurang dari 12 bulan setelah lulus.

Baca juga: Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Lhokseumawe Jalur Mandiri Dibuka, Ini Jadwalnya

Uper menyiapkan program Student Exchange Multiple Partners, yakni skema belajar selama satu hingga dua semester di kampus unggulan mancanegara, dengan tak kurang dari 27 mitra universitas kenamaan dunia di berbagai benua.

Ada juga program Dual Degree, memberikan gelar ganda dengan skema belajar dua tahun di UPER dan dua tahun di salah satu kampus mitra (Universiti Teknologi Petronas, Malaysia; dan Minnesota State University, Amerika Serikat).

Terakhir, Uper juga memiliki program Flash Track, yaitu program percepatan studi dengan skema belajar empat tahun di Uper dan satu tahun di salah satu kampus mitra global (Universiti Teknologi Petronas, Malaysia; Malaysia Multimedia University; dan Nantes Université, Perancis).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved