Luar Negeri

Gelombang Panas di Spanyol, Lebih 500 Orang Tewas

Perdana Menteri Spanyol mengatakan lebih dari 500 orang tewas selama gelombang panas 10 hari saat Eropa menghitung dampak dari rekor periode suhu ...

Editor: Muliadi Gani
AFP/MIGUEL RIOPA
Api muncul dari kebakaran hutan di dekat desa Pumarejo, Spanyol utara, pada 18 Juli 2022. - Akibat gelombang panas di Inggris, lebih dari 500 orang tewas. 

PROHABA.CO, MADRID - Perdana Menteri Spanyol mengatakan lebih dari 500 orang tewas selama gelombang panas 10 hari saat Eropa menghitung dampak dari rekor periode suhu ekstrem.

Para pengunjuk rasa perubahan iklim mengatakan cuaca yang terik harus menjadi peringatan bagi benua itu.

"Ini tidak ada hubungannya dengan ideologi, tetapi dengan kenyataan, dengan keadaan darurat iklim yang dialami planet ini," kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez sebagaimana dilansir Al Jazeera pada Rabu (20/7).

Berbicara dengan latar belakang pohon-pohon hangus dan tanah yang terbakar di wilayah timur laut Zaragoza yang terkena dampak parah, dia mendesak orang-orang untuk berhati-hati.

Sanchez mengutip angka yang dirilis oleh Institut Kesehatan Carlos III, yang memperkirakan jumlah kematian terkait panas berdasarkan jumlah kematian berlebih dibandingkan dengan rata-rata tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Gelombang Panas Bisakah Terjadi di Indonesia?

Lembaga tersebut telah menekankan angka-angka ini adalah perkiraan statistik dan bukan catatan resmi.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran Yunani mulai melihat kemajuan setelah dua hari bertempur melawan kebakaran hutan yang berkobar di pinggiran gunung di utara Athena, yang memaksa ratusan orang mengungsi, kata seorang pejabat.

"Sebagian besar, api sudah berkurang," kata juru bicara pemadam kebakaran Yiannis Artopios kepada wartawan.

Yunani telah terhindar dari gelombang panas terik yang dialami di Eropa barat, tetapi api yang dihembuskan oleh angin kencang mengancam pinggiran kota Penteli, Pallini, Anthousa dan Gerakas, rumah bagi puluhan ribu orang.

“Api membakar punggung kami, kami pergi tepat waktu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved