Kebakaran di Aceh Besar

Gedung Lama PT Pelindo di Pelabuhan Malahayati Krueng Raya Terbakar

Gedung lama PT Pelindo di Kompleks Pelabuhan Malahayati di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Kamis (28/7/2022) tadi pagi, terbakar

Editor: Misran Asri
DOK BPBD Aceh Besar
Petugas Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Besar berada di Kompleks Pelabuhan Malahayati, Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, untuk memadamkan api yang membakar gedung lama PT Pelindo, Kamis (28/7/2022). 

Gedung yang pernah ditempati PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di Kompleks Pelabuhan Malahayati di Gampong Lamreh Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Kamis (28/7/2022) tadi pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.

Laporan Indra Wijaya | Aceh Besar

PROHABA.CO, JANTHO - Gedung yang pernah ditempati PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di Kompleks Pelabuhan Malahayati di Gampong Lamreh Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Kamis (28/7/2022) tadi pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.

Kebakaran gedung lama yang sudah tak ditempati lagi itu, diduga akibat hubungan arus pendek listrik.     

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui petugas Pusdalops-PB, Iqbal menerangan kebakaran gedung berkontruksi permanen itu masih dapat diselamatkan.

"Api sempat memenuhi ruangan. Tapi, upaya pemadaman masih dapat dilakukan oleh petugas Pemadam Pos Durung dan Kajhu yang bergerak cepat ke lokasi," kata Iqbal.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran gedung lama PT Pelindo itu.

Iqball menerangkan kebakaran tersebut dilaporkan oleh warga sekitar yang melihat kepulan asap disusul kobaran api yang tengah membakar gedung lama itu di Kompleks Pelabuhan Malahayati. 

Baca juga: 16 Kasus Kebakaran di Aceh Besar, Terbanyak Kebakaran Hutan dan Lahan, Selama Dua Minggu Terakhir

"Bangunan itu sebelumnya digunakan sebagai kantor PT Pelindo.

Namun saat ini gedung tersebut hanya berisi arsip dan dokumen lainnya, dikarenakan pihak PT Pelindo sudah menempati kantor yang baru," kata Ridwan.

Proses pemadaman tersebut dua armada dikerahkan ke lokasi, masing-masing pemadam dari Pos Durung dan Pos Kajhu.

Api sudah sempat tertangani lewat pemadaman yang dilakukan petugas Pelabuhan Malahayati menggunakan alat pemadam api ringan(APAR).

Untuk memastikan tidak terjadi kebakaran susulan yang membakar gedung tersebut, petugas merengsek ke lokasi dan memadamkan seluruh ruangan yang terbakar sekaligus melakukan pendinginan.    

"Alhamdulilah, langkah cepat petugas pelabuhan yang melakukan pemadaman pertama, sehingga bangunan itu dapat diselamatkan dan mengalami kerusakan ringan.

Baca juga: Rentetan Kebakaran Terjadi di Aceh Besar, Giliran Pesantren Tahfiz Baitul Quran Dimangsa Api

Baca juga: Kebakaran Kembali Terjadi di Aceh Besar, Dua Rumah Warga Lamsiteh Terbakar, Satu Rata dengan Tanah

Lalu, penanganan pemadaman dilanjutkan oleh petugas pemadam BPBD Aceh Besar Pos Durung dan Kajhu dan seluruh proses selesai dilaksanakan sekitar pukul 6.40 IB," pungkas Iqbal.(*)

Baca juga: Nek Maimunah, Korban Kebakaran sudah 10 Hari Tinggal dan Tidur di Balai Pengajian

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Diduga Akibat Korsleting Listrik, Gedung Lama PT Pelindo di Kompleks Pelabuhan Malahayati Terbakar, 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved