Tahukah Anda

Peneliti Berhasil Ungkap Jejak Kaki Hantu Kuno di Gurun Utah

Saking anehnya, ahli pun kemudian menjulukinya dengan sebutan “jejak kaki hantu”. Jejak kuno yang tak biasai tu, rupanya ...

Editor: Muliadi Gani
R. Nial Bradshaw
Penampakan jejak kaki yang dijuluki sebagai jejak kaki hantu di gurun Great Salt Lake 

PROHABA.CO - Baru-baru ini arkeolog menemukan serangkaian jejak kaki kuno misterius di dataran garam gurun Utah, Amerika Serikat.

Saking anehnya, ahli pun kemudian menjulukinya dengan sebutan “jejak kaki hantu”.

Jejak kuno yang tak biasai tu, rupanya mendapatkan nama yang cukup menyeramkan bukan karena merupakan jejak kaki makhluk halus, melainkan lantaran komposisinya.

Jejak-jejak itu, menurut peneliti, hanya akan terlihat setelah hujan.

Jejak kaki yang terisi dengan uap air pun akan menjadi lebih gelap warnanya sebelum menghilang lagi setelah mengering di bawah sinar matahari.

Dikutip dari Science Alert, Rabu (3/8/2022) peneliti secara tak sengaja menemukan jejak tersebut saat berkendara ke situs arkeologi terdekat lainnya di Hill Air Force Base di Gurun Great Salt Lake Utah.

Tim awalnya hanya menemukan beberapa jejak kaki, tetapi pemeriksaan menyeluruh di daerah sekitarnya menggunakan radar penembus tanah (GPR) mengungkapkan setidaknya ada 88 jejak kaki individu milik bermacam orang dewasa dan anak-anak yang berpotensi berusia 5 tahun.

Baca juga: Peneliti Temukan Kura-Kura Raksasa Baru di Galapagos, Spesiesnya Belum Diketahui

Teknik GPR ini bekerja dengan cara menembakkan gelombang radio ke tanah yang memantul dari benda-benda tersembunyi di bawah permukaan tanah.

Jejak kaki hantu itu berasal dari kaki manusia tanpa alas setidaknya 10.000 tahun yang lalu ketika daerah tersebut masih merupakan lahan basah yang luas.

Namun, para peneliti menduga bahwa jejak itu dapat saja berasal dari 12.000 tahun yang lalu selama zaman es akhir (2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved