Luar Negeri

Salman Rushdie Terancam Kehilangan Sebelah Mata

Penulis buku Ayat-Ayat Setan atau The Satanic Verse, yaitu Salman Rushdie, terancam kehilangan salah satu matanya akibat ditikam pada di sisi kanan

Editor: Muliadi Gani
(Sumber: Evan Agostini/Invision via AP)
Novelis Salman Rushdie saat menghadiri acara National Book Awards di New York pada 15 November 2017. 

PROHABA.CO, NEW YORK - Penulis buku Ayat-Ayat Setan atau The Satanic Verse, yaitu Salman Rushdie, terancam kehilangan salah satu matanya akibat ditikam pada di sisi kanan kepala, leher, dan perutnya.

Salman Rushdie ditikam pada Jumat (12/8/2022) saat menghadiri acara sastra di negara bagian New York, Amerika Serikat (AS).

Setelah ditikam, dia diterbangkan ke rumah sakit untuk menjalani operasi darurat dan sekarang harus memakai ventilator atau alat bantu pernapasan.

“Salman kemungkinan akankehilangan satu matanya;saraf di lengannya terputus dan hatinya tertusuk dan rusak,” kata agennya, yaitu Andrew Wylie dikutip dari kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa Rushdie saat ini tidak dapat berbicara.

Tersangka telah ditahan dan diidentifi kasi sebagai Hadi Matar (24) dari Fairfi eld, New Jersey, Amerika Serikat.

Baca juga: Catatan Buruk David D Gea di Balik Karamnya Manchester United

Salman Rushdie sempat dipuji dunia karena novel keduanya yang berjudul Midnight’s Children pada 1981 serta memenangi Booker Prize bergengsi di Inggris untuk penggambarannya tentang India pasca merdeka.

Namun, buku The Satanic Verse atau Ayat-Ayat Setan yang ia tulis pada 1988 memicu keputusan agama oleh pemimpin revolusioner Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini yang menyerukan kematian terhadap Salman Rushdie.

Novel itu oleh sebagian umat Islam dianggap tidak menghormati Nabi Muhammad saw.

Polisi mengatakan, Salman Rushdie ditikam di leher dan perut.

Sejumlah orang bergegas ke panggung dan meringkus tersangka ke lantai sebelum polisi yang hadir di acara itu menangkapnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved