Tahukah Anda

Kenapa Hari Senin Terasa Menyebalkan?

Bagi sebagian besar orang, ungkapan besok Senin, mungkin terdengar tidak menyenangkan mengingat harus kembali beraktivitas setelah akhir pekan ...

Editor: Muliadi Gani
Unsplash
Monday blues adalah perasaan negatif yang muncul ketika menghadapi hari senin 

PROHABA.CO - Setelah melewati akhir pekan, tak terasa Senin kembali datang dan sering kali terasa sangat menyebalkan.

Hari Senin bahkan dikaitkan dengan tingkat stres emosional tertinggi, dengan tingkat produktivitas kerja terendah.

Bagi sebagian besar orang, ungkapan besok Senin, mungkin terdengar tidak menyenangkan mengingat harus kembali beraktivitas setelah akhir pekan yang panjang.

Lantas, kenapa Senin terasa menyebalkan dan disebut hari terburuk? Kondisi ini sebenarnya berkaitan dengan efek kurang tidur dan disfungsi sirkadian.

Dilansir dari Psychology Today, Minggu (14/8/2022) secara subjektif, kebanyakan orang meremehkan efek perubahan pola tidur terhadap kesehatan dan fungsi tubuh.

Studi di laboratorium menemukan bahwa satu sampai dua jam kurang tidur menyebabkan penurunan fungsi kognitif, gangguan hormon, percepatan penuaan biologis, hingga pola aktivasi gen yang merugikan.

Mayoritas perubahan ini kerap kali tidak terlihat ataupun disadari.

Baca juga: Peneliti Berhasil Ungkap Jejak Kaki Hantu Kuno di Gurun Utah

Hanya ketika efeknya mencapai ambang intensitas tinggi seperti pada jet lag atau episode insomnia, orang biasanya lebih memperhatikannya.

Dalam kasus jet lag, kebanyakan orang dewasa akrab dengan kombinasi antara kelelahan, perlambatan mental, dan pengaruh akibat perjalanan melintasi beberapa zona waktu.

Adapun jet lag adalah contoh gangguan sirkadian yang terjadi, ketika siklus tidur-bangun menjadi tidak selaras dengan jadwal 24 jam yang biasa digunakan tubuh.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved