Tahukah Anda

Ukuran Tubuh Burung Makin Kecil karena Perubahan Iklim

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ukuran tubuh makin mengecil karena dampak perubahan iklim. Penelitian yang dipimpin University of California Los ...

Editor: Muliadi Gani
Shutterstock/Daniel Prudek
Ilustrasi burung merpati. 

PROHABA.CO - Sebuah studi mengungkapkan bahwa ukuran tubuh makin mengecil karena dampak perubahan iklim.

Penelitian yang dipimpin University of California Los Angeles (UCLA) ini menemukan burung yang bermigrasi di seluruh Amerika Utara semakin kecil ukuran tubuhnya selama tiga dekade terakhir.

Menurut peneliti, massa tubuh 105 spesies burung menurun rata-rata 0,6 persen dan sebanyak 30 % pada beberapa spesies.

Misalnya saja burung layang-layang yang menjadi 2,8 % lebih kecil, robin Amerika 1,2 % lebih kecil, dan pelatuk berbulu halus 2,2 % lebih kecil.

Angka-angka itu mungkin tak terdengar mengkhawatirkan pada awalnya.

Namun, dalam sudut pandang evolusi, perubahan ukuran itu adalah perubahan dramatis yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

"Studi ini mengungkapkan seberapa kuat suhu memengaruhi karakteristik fisik hewan.

Dan ini adalah bukti skala luas bahwa perubahan iklim benar-benar membentuk seperti apa spesies itu," kata Casey Youngflesh, ahli ekologi dari UCLA dan juga penulis utama studi.

Sementara itu, dikutip dari Phys.org, Senin (31/10/2022) Morgan Tingley, ahli ekologi lain yang terlibat dalam studi mengungkapkan fakta fenomena penurunan ukuran tubuh burung terjadi pada sebagian besar spesies penelitian, bukan hanya satu atau beberapa.

Baca juga: Jumlah Spesies Burung Terancam Punah di Indonesia Terbanyak di Dunia

Baca juga: Beri Makan Merpati dengan Ganja, 3 Pemuda Dipenjara

Baca juga: Gelombang Panas di India, Burung-burung Berjatuhan

Hasil tersebut pun menjadi bukti jelas bahwa perubahan iklim adalah biang keladinya.

"Jika kita hanya mengukur perubahan ukuran tubuh pada satu spesies akan mudah untuk membayangkan bahwa sesuatu yang aneh sedang terjadi pada spesies itu, misalnya karena sejarah atau jangkauan alamnya," papar Tingley.

Namun, mengingat studi menemukan perubahan tersebut secara konsisten di hampir seluruh spesies yang melintasi Amerika Utara yang mencakup banyak lingkungan berbeda, tak ada hipotesis yang masuk akal tersisa kecuali karena perubahan iklim.

Lebih lanjut, tubuh kecil membantu hewan mengatasi suhu yang lebih tinggi karena rasio luas permukaan terhadap volume yang lebih tinggi membantu melepaskan panas.

Sebaliknya, tubuh yang lebih besar dan bulat, khas burung di daerah yang lebih dingin, lebih baik dalam menyimpan panas.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved