Tahukah Anda

Siapa Sosok Asli Monalisa di Lukisan Leonardo Da Vinci?

Sekitar tahun 1503, Leonardo da Vinci, seorang seniman, ilmuwan, dan penemu Renaisans Italia, melukis sosok Monalisa. Akan tetapi, siapa sebenarnya

Editor: Muliadi Gani
Istimewa
Lukisan Monalisa 

PROHABA.CO - Sekitar tahun 1503, Leonardo da Vinci, seorang seniman, ilmuwan, dan penemu Renaisans Italia, melukis sosok Monalisa.

Akan tetapi, siapa sebenarnya sosok Monalisa dalam lukisan tersebut, apakah sosoknya ada di dunia nyata dan mengilhami da Vinci kala itu untuk melukisnya?

Lukisan sosok seorang perempuan yang tengah tersenyum itu, kini menjadi salah satu lukisan paling terkenal sekaligus termahal di dunia.

Artikel di Science ABC menuliskan, Monalisa di dunia nyata dipercaya adalah seorang wanita bangsawan Italia bernama Lisa del Giocondo.

Ia merupakan istri seorang pedagang sutra Florentine yang kaya bernama Francesco del Giocondo.

Lukisan Monalisa adalah pesanan yang nantinya akan dipajang di rumah baru bangsawan tersebut untuk merayakan kelahiran putra kedua mereka, Andrea.

Akan tetapi, versi lain soal sosok asli Monalisa ini juga diungkap dalam sebuah buku berjudul Mona Lisa: The People and The Painting.

Baca juga: Seorang Dokter Ungkap Misteri Pahit dalam Senyum Monalisa

Dikutip dari Independent, Jumat (6/1/2023) buku yang menyelidiki latar belakang Lisa del Giocondo ini menuturkan bahwa ia dipaksa menikah dengan Francesco del Giocondo pada usia 15 tahun.

Hal itu yang kemudian membuat para ahli pada akhirnya masih mempertanyakan apa arti senyuman Monalisa di lukisan tersebut.

Apakah senyuman bahagia atau justru senyum kesedihan.

Pernikahannya dengan saudagar kaya memang melahirkan kehidupan glamor, tetapi juga diwarnai dengan skandal.

Menurut buku yang ditulis Martin Kemp dan Giuseppe Pallanti, Francesco del Giocondo juga secara teratur membeli budak perempuan dari Afrika Utara.

Ada kemungkinan pula bahwa Francesco del Giocondo terlibat dalam perdagangan budak sebelum dan menikahi Lisa del Giocondo pada tahun 1495.

Baca juga: Lukisan Goa Berusia 45.500 Tahun Ditemukan di Sulawesi

Baca juga: Gadis 7 Tahun Tewas Diterkam Anjing Tetangga

Setelah jatuh sakit di usia 60-an, Lisa del Giocondo menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara San Domenico. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved