Breaking News:

Fotopobia Kini Jadi Salah Satu Gejala Terpapar Covid-19

Upaya vaksinasi virus corona sedang digenjot. Di sisi lain, varian baru virus corona asal Inggris ikut menjadi ancaman..

Editor: Muliadi Gani
FOTO SHUTTERSTOCK/Kleber Cordeiro
FOTOPOBIA - Ilustrasi Fotopobia. Fotopobia yang juga dikenal sebagai sensitivitas cahaya adalah intoleransi terhadap cahaya. Ini menjadi salah satu gejala Covid-19 di mata. 

PROHABA, Upaya vaksinasi virus corona sedang digenjot. Di sisi lain, varian baru virus corona asal Inggris ikut menjadi ancaman.

Meski tidak ada bukti bahwa varian baru virus corona Inggris - B117 - membuat seseorang terinfeksi lebih parah, penting untuk mengetahui gejala yang ditunjukkan.

Selain gejala utama, studi terbaru menemukan serangkaian gejala yang tidak biasa di mata.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) mengungkap, tiga gejala yang berhubungan dengan mata, yakni: fotopobia, sakit mata, dan mata gatal.

Dilansir Express.co.uk, Selasa (19/1/2021), Dr Ali Mearza di Ophthalmic Consultans of London mengatakan, bahwa ketiga gejala di mata itu jarang diketahui.

"Di antara masalah yang kurang diketahui, gejala yang dihadapi pasien adalah fotopobia, mata gatal, dan terasa sakit," kata Mearza.

Dia menjelaskan, fotopobia adalah bentuk kepekaan cahaya dan sering dikaitkan dengan sakit kepala.

Orang yang mengalami fotopobia umumnya merasa tidak nyaman atau nyeri di mata saat melihat lampu menyala.

Baca juga: Studi Ungkap Letusan Gunung Berapi Picu Keasaman Laut Zaman Kapur

Seperti dilaporkan Mearza, penelitian menunjukkan bahwa sakit mata adalah gejala mata paling umum dari infeksi virus corona.

Menurut Mearza, untuk mengobati gejala Covid-19 yang berhubungan dengan mata, sebenarnya cukup simpel dan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan tetes mata.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved