Breaking News:

Kini Bumi Punya Samudra Kelima

Selama ini, lautan Bumi yang diketahui hanya ada empat, yakni Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Lautan Arktik...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
SAMUDRA Selatan di perairan bagian selatan Antartika. Samudra Selatan (Southern Ocean) resmi menjadi samudra kelima di Planet Bumi. 

PROHABA.CO - Selama ini, lautan Bumi yang diketahui hanya ada empat, yakni Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Lautan Arktik.

Namun, baru-baru ini, samudra kelima akhirnya mendapat pengakuan.

Samudra kelima Bumi akhirnya mendapatkan pengakuan secara internasional, berdasarkan keputusan National Geographic Society, seperti dilansir dari Live Science, Selasa (15/6/2021).

Samudra kelima Bumi itu adalah Southern Ocean atau Samudra Selatan yang berada di sekitar Antartika.

Perairan dingin di selatan benua es Antartika ini telah terpisah dari kawasan ini selama 100 tahun.

Kawasan tersebut telah dimanfaatkan secara luas oleh para ilmuwan, tetapi hingga saat ini belum mendapat pengakuan sebagai lautan atau samudra baru bagi Bumi.

Akan tetapi, pada 8 Juni, bertepatan dengan Hari Laut Sedunia, masyarakat akhirnya mengumumkan bahwa selanjutnya akan memberi label Samudra Selatan sebagai samudra kelima di peta Bumi.

“Samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kami tidak pernah secara resmi mengakuinya,” kata ahli geografi resmi masyarakat Alex Tait kepada situs web National Geographic.

Baca juga: Fenomena Langka, Astronom Temukan Tiga Galaksi Bergabung

Dengan penambahan samudra baru di peta Bumi ini, tentu akan memberikan dampak yang besar, terutama di bidang pendidikan.

“Siswa mempelajari informasi tentang dunia laut melalui lautan apa yang Anda pelajari.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved