Breaking News:

Kriminal

Bea Cukai Langsa Amankan 1,5 Juta Batang Rokok Luffman Ilegal

Menjelang peringatan ke-76 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Langsa, Sabtu(14/8/2021) pukul 20.40 WIB ...

Editor: Muliadi Gani
FOR SERAMBINEWS.COM
MENJELANG Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Langsa, Sabtu(14/8/2021) pukul 20.40 WIB berhasil melakukan penindakan terhadap 1 unit sarana pengangkut berupa truk yang bermuatan 1.500.000 batang rokok ilegal merk Luffman, di perbatasan Langsa- Aceh Tamiang. 

PROHABA, LANGSA - Menjelang peringatan ke-76 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Langsa, Sabtu(14/8/2021) pukul 20.40 WIB berhasil melakukan penindakan terhadap satu unit sarana pengangkut berupa truk yang bermuatan 1.500.000 batang rokok ilegal merek Luffman, di perbatasan Langsa- Aceh Tamiang.

Kepala KPPBC TMP C Kuala Langsa, Tri Hartana, Selasa (17/8/2021), mengatakan, penindakan ini berawal dari informasi masyarakat tentang akan adanya pengiriman rokok yang diduga ilegal menuju Aceh menggunakan moda pengangkutan berupa truk.

Selanjutnya, tim melakukan pendalaman informasi setelah tim mendapatkan informasi terkait sarana pengangkut dan ciri-cirinya.

Tim kemudian bergerak menuju perbatasan Langsa- Aceh Tamiang untuk melakukan pemantauan terhadap truk yang menjadi target penindakan.

Setelah tim menemukan truk dengan ciri-ciri sebagaimana diinformasikan melewati perbatasan Langsa- Aceh Tamiang, tim pun mengikuti truk itu.

Mereka ingin memastikan bahwa mobil itu adalah truk target yang diduga mengangkut rokok ilegal.

“Usai dipastikan bahwa truk itu adalah truk target, tepatnya di daerah Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang, tim menghentikan dan melakukan pemeriksaan awal untuk memastikan muatan truk,” ujarnya.

Baca juga: Maling Gasak Rokok dan Uang Toko, Pelaku Bobol Plafon Lantai Dua

Baca juga: Tim Gabungan Amankan 2,3 Juta Rokok Ilegal

Tri Hartana menambahkan, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa muatan truk tersebut adalah rokok produk luar negeri yang masuk secara ilegal ke wilayah hukum Aceh.

Mereknya Luffman dengan ciri utama tanpa dilekati pita cukai (polos).

Atas hasil pemeriksaan tersebut, rokok ilegal itu pun disita. Jumlahnya 1.500.000 batang.

Selain itu, satu unit sarana pengangkut berupa truk dan dua tersangka pelaku langsung diamankan ke Kantor Bea Cukai Langsa untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Menurut Tri Hartana, dasar hukum dari penindakan terhadap barang kena cukai berupa rokok sigaret tersebut karena merupakan pelanggaran pidana yang diduga melanggar Pasal 54 UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai yang berbunyi,

“Setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu tahun, dan paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak sepuluh kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.”

Operasi penindakan ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya barang-barang ilegal Ichigo Buyang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan, melainkan juga sebagai upaya nyata Bea Cukai dalam mengamankan penerimaan negara. (zb)

Baca juga: Polisi Bongkar Prostitusi Online, Dua SPG Rokok Cantik Pasang Tarif Rp 800.000 Hingga Rp 1,9 Juta

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved