Breaking News:

Tahukah Anda

3,5 Triliun Ton Es Mencair, Apa Dampaknya bagi Penduduk Dunia?

Sebuah studi mengungkap 3,5 triliun ton lapisan es Greenland yang telah mencair selama satu dekade terakhir telah menaikkan permukaan laut global ...

Editor: Muliadi Gani
IAN JOUGHIN/IMBIE
Hilangnya gletser di Greenland mengarah langsung ke kenaikan permukaan laut, yang pada akhirnya meningkatkan risiko banjir bagi jutaan orang. 

PROHABA.CO - Sebuah studi mengungkap 3,5 triliun ton lapisan es Greenland yang telah mencair selama satu dekade terakhir telah menaikkan permukaan laut global satu sentimeter (1 cm) dan meningkatkan risiko banjir di seluruh dunia.

Hasil ini berhasil didapatkan setelah peneliti menggunakan pertama kalinya data satelit untuk mendeteksi limpasan lapisan es Greenland.

Mengutip Phys, Selasa (2/11/2021) dari analisis data, peneliti menyebut jika limpasan air lelehan Greenland telah meningkat sebesar 21 persen selama empat dekade terakhir.

Akan tetapi, lebih mengejutkan lagi data yang diberikan Badan Antariksa Eropa menunjukkan bahwa lapisan es Greenland mencair dan telah kehilangan 3,5 triliun ton es sejak 2011.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved