Breaking News:

Tahukah Anda

Ini Dia Robot Hidup Pertama yang Diklaim Bisa Bereproduksi

Tak hanya makhluk hidup seperti manusia, hewan, atau tumbuhan saja yang dapat bereproduksi, tetapi robot yang dikembangkan para peneliti diklaim ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: WYSS INSTUTUTE via THE GUARDIAN
Xenobot, robot hidup yang disebut dapat bereproduksi. Robot ini dikembangkan dari sel katak melalui replikasi secara genetik. 

PROHABA.CO - Tak hanya makhluk hidup seperti manusia, hewan, atau tumbuhan saja yang dapat bereproduksi, tetapi robot yang dikembangkan para peneliti diklaim juga dapat melakukan hal yang serupa.

Adalah Xenobot, sebuah robot yang dikembangkan dari jaringan makhluk hidup yang disebut dapat bereproduksi.

Melansir CNN, Senin (29/11/2021) peneliti di Amerika Serikat menciptakan 'robot hidup' pertama yang dinamakan xenobot itu mengatakan, bahwa ciptaannya kini dapat bereproduksi dengan cara berbeda dari tumbuhan maupun hewan.

Penelitian ini dilakukan di University of Vermont, Tufts University, serta Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering di Universitas Harvard, dan diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Xenobot terbentuk dari kelompok sel induk katak cakar Afrika (Xenopus laevis).

Xenobot pertama kali diungkapkan tahun 2020 lalu dan dikenal sebagai 'robot hidup'.

Gumpalan-gumpalan kecil ini memiliki ukuran sekitar 1 milimeter.

Selama eksperimen berlangsung, mereka terlihat bergerak, bekerja sama di dalam kelompok, hingga menyembuhkan dirinya sendiri.

Baca juga: Robot NASA Mulai Jelajahi Permukaan Planet Mars

"Saya terkejut dengan (kemampuan 'robot hidup') itu," ujar profesor biologi dan direktur Allen Discovery Center di Tufts University sekaligus penulis utama, Michael Levin.

Menariknya, xenobot si robot hidup ini tidak memiliki sistem pencernaan atau neuron, dan secara alami akan terurai setelah dua pekan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved