Tahukah Anda

Astronom Temukan Planet Ekstrasurya Raksasa Aneh

Bila biasanya planet berbentuk bulat seperti bola, tidak demikian halnya dengan planet ekstrasurya raksasa yang baru ditemukan dan cenderung lebih ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: EROPEAN SPACE AGENCY
Para astronom menemukan bahwa planet esktrasurya WASP-103b berbentuk seperti bola rugby. 

PROHABA.CO - Bila biasanya planet berbentuk bulat seperti bola, tidak demikian halnya dengan planet ekstrasurya raksasa yang baru ditemukan dan cenderung lebih mirip bola rugby.

Melansir CNN, Rabu (12/1/2022) planet yang dinamai WASP-103b itu adalah salah satu planet yang sangat panas dan berjarak sekitar 1.225 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Hercules.

Menurut studi yang dipublikasikan pada Januari 2022 di jurnal Astronomy and Astrophysics, hal ini disebabkan gaya gravitasi dari bintang induknya.

Planet yang pertama kali ditemukan pada tahun 2014 ini sebelumnya diamati menggunakan teleskop luar angkasa Hubble dan Spitzer.

Setelah mengidentifikasikannya, tim peneliti ingin mendapatkan pandangan lain dari planet WASP-103b menggunakan CHEOPS, misi dari Swiss yang dikarakterisasi Badan Antariksa Eropa (ESA), untuk digabungkan dengan pengamatan sebelumnya.

Satelit yang diluncurkan pada 2019 itu mencari planet yang berpotensi layak huni.

Kemudian, mendeteksi planet menggunakan metode transit atau mengukur penurunan kecerahan bintang ketika sebuah planet lewat di depan bintang.

Baca juga: Bocah Rusia Mengaku Berasal dari Planet Mars, Lahir untuk Selamatkan Manusia

Lalu, saat para astronom mengamati WASP-103b melintas di depan bintangnya, mereka dapat melihat bentuk planet yang aneh seperti bola rugby.

"Setelah mengamati beberapa hal yang disebut 'transit', kami dapat mengukur deformasi.

Sungguh luar biasa kami dapat melakukan ini.

Ini adalah pertama kalinya analisis semacam itu dilakukan," ujar peneliti post-doctoral di Geneva University, Babatunde Akinsanmi.

Pengaruh pasang surut

Para peneliti menduga bentuk planet yang sedikit memanjang itu karena kekuatan pasang surut besar-besaran yang terjadi di planet ini, mirip seperti di Bumi.

Kekuatan pasang surut yang kuat yang diinduksi di planet ini mirip dengan pasang surut yang dipicu Bulan di lautan Bumi, tetapi dengan cara yang jauh lebih ekstrem.

Baca juga: Astronom Temukan Bayi Planet

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved