Kasus

Tangkap Bupati PPU di Mal, KPK Sita Koper Berisi Rp 1 M

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah barang bukti dari hasil operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Penajam Paser Utara, ...

Editor: Muliadi Gani
ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras
Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (kiri) bersama ASN dan pihak swasta dihadirkan dalam konferensi pers pengumuman dan penahanan tersangka di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta, Kamis (13/1/2022). KPK resmi menahan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud bersama sejumlah pihak yang terlibat dalam tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait kegiatan pekerjaan pengadaan barang dan jasa serta Perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah barang bukti dari hasil operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud pada Rabu (12/1/2022).

Abdul ditangkap di lobi sebuah mal di Jakarta Selatan setelah berbelanja.

"Seluruh pihak yang diamankan beserta barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp 1 miliar dan rekening bank dengan saldo Rp 447 juta serta sejumlah barang belanjaan dibawa ke gedung Merah Putih untuk dilakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Kamis (13/1/2022) dalam jumpa pers.

Beberapa barang belanjaan yang turut disita KPK kemudian diperlihatkan kepada awak media saat jumpa pers.

Ada beberapa barang mewah yang turut disita, seperti tas DIOR berisi topi hingga tas ZARA berisi kemeja.

Di samping itu, koper berisi uang tunai Rp 1 miliar yang turut diboyong ke mal saat Abdul berbelanja, juga turut diamankan oleh KPK.

Baca juga: Bupati Penajam Paser Utara Abudl Gafur Terjaring OTT

Terima Suap Abdul Gafur Mas'ud diamankan bersama 10 orang yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) dan pihak swasta dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Kalimantan Timur pada Rabu (12/1/2022).

Alex mengatakan, tim KPK mengamankan uang dari penangkapan Abdul Gafur di lobi mal kawasan Jakarta Selatan.

"Seluruh pihak yang diamankan beserta barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp 1 miliar dan rekening bank dengan saldo Rp 447 juta serta sejumlah barang belanjaan dibawa ke gedung Merah Putih untuk dilakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan," ujar Alex.

Abdul diduga terlibat dalam penerimaan uang oleh penyelenggara negara terkait proyek dan izin usaha di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved