Tahukah Anda

NASA Temukan Planet yang Disebut Mirip “Neraka”

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menyatakan telah berhasil menemukan planet dengan kondisi permukaannya ...

Editor: Muliadi Gani
NASA
NASA menemukan planet 55 Cancri e, yang permukaannya sangat panas seperti neraka. 

PROHABA.CO - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menyatakan telah berhasil menemukan planet dengan kondisi permukaannya yang seperti “neraka”.

Planet yang dinamakan 55 Cancri e itu berjarak 50 tahun cahaya dan mengorbit begitu dekat dengan bintang yang mirip Matahari.

Dengan demikian, permukaannya sangat panas layaknya penggambaran neraka sebuah dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan.

Sebelumnya, NASA telah melakukan pengamatan dengan Teleskop Luar Angkasa Spitzer.

Namun, pandangan awal dari teleskop ini kurang optimal lantaran tidak menunjukkan fenomena yang terjadi di planet 55 Cancri e.

Oleh karena itu, NASA tengah bersiap untukmempelajari kondisi planet yang serupa dengan neraka itu menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb, beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Dulu Punya Sungai, Kenapa Mars Kini Jadi Planet Kering dan Panas?

Berdasarkan pantauan NASA, planet 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya. Jarak ini setara dengan 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

“Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava,” kata NASA dalam laporannya seperti dilansir dari Phys, Rabu (1/6/2022).

Para ilmuwan menyebut, tidak ada planet di Tata Surya yang sejauh ini diketahui memiliki karakteristik seperti 55 Cancri e, di mana karena terlalu dekat dengan bintangnya lautan bisa mendidih, bahkan batu dapat mencair.

NASA menggambarkan seberapa dekat planet neraka tersebut dengan bintang yang diorbitnya.

Dapat dibayangkan seberapa panas planet mirip neraka yang ditemukan NASA tersebut, misal jika planet itu diibaratkan sebagai Bumi yang begitu dekat dengan Matahari, jaraknya mungkin bisa membakar sisi lain dari Bumi.

Baca juga: Astronom Temukan Planet yang Diklaim Layak Huni

Pihaknya menyampaikan bahwa ilmuwan masih mendalami, apakah planet neraka tersebut mengalami pasang surut, satu sisinya akan menghadap bintang di setiap saat, atau justru berputar sehingga tercipta siang dan malam.

Sementara ini, mereka memperkirakan bahwa planet 55 Cancri memiliki atmosfer dinamis yang mampu untuk memindahkan panas.

Ada pula teori terkait planet yang berputar untuk menciptakan siang dan malam yang mana prosesnya mungkin sangat ekstrem.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved