Breaking News:

Tahukah Anda

Teori Baru tentang Bagaimana Terbentuknya Planet Bumi

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang teori bagaimana Bumi, planet yang kita tempati ini terbentuk. Sejauh ini ada gagasan umum ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: ETH ZURICH via PHYS
Ilustrasi pembentukan Bumi. Teori baru yang dikemukakan para ahli di Zurich, Swiss, mengungkapkan bagaimana sebetulnya planet Bumi terbentuk. 

PROHABA.CO - Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang teori bagaimana Bumi, planet yang kita tempati ini terbentuk.

Sejauh ini ada gagasan umum yang diterima sebagai penjelasan yang paling mungkin, yaitu Bumi terbentuk dari pertambahan bertahap asteroid.

"Teori yang berlaku dalam astrofisika dan kosmokimia adalah bahwa Bumi terbentuk dari asteroid kondritik," kata ahli planet Paolo Sossi dari ETH Zurich, Swiss.

Dikutip dari Phys, Senin (11/7/2022), asteroid kondritik merupakan blok batu dan logam yang relatif kecil dan sederhana serta terbentuk sejak awal Tata Surya.

Namun, dalam teori tersebut tetap ada beberapa fakta pembentukan planet yang sulit untuk dijelaskan.

"Masalah dengan teori ini adalah bahwa tak ada campuran kondritik yang dapat menjelaskan komposisi yang tepat dari Bumi, yang minim elemen volatil seperti hidrogen dan heliun daripada yang kita duga," ungkap Sossi.

Baca juga: NASA Temukan Planet yang Disebut Mirip “Neraka”

Baca juga: Dimaki Saat Tagih Utang, Aten Dor AW dengan Senapan Angin

Hal tersebut yang akhirnya membuat banyak tanda tanya tentang proses pembentukan planet, termasuk teori bagaimana Bumi terbentuk.

Oleh karena itu, tim peneliti pun mencari solusi lain untuk mengetahui bagaimana Bumi terbentuk.

Kini dalam sebuah studi baru, dengan menggabungkan eksperimen dengan pemodelan, peneliti mengungkapkan jalur pembentukan yang jauh lebih cocok dengan karakteristik Bumi.

"Model dinamis yang kami gunakan untuk menyimulasikan pembentukan planet menunjukkan bahwa planet-planet di Tata Surya kita terbentuk secara progresif.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved