Tahukah Anda

Manfaat Tin, Buah Istimewa yang Disebut dalam Al-Qur’an

Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Bahkan sejak zaman kuno, buah tin telah dikaitkan dengan kesehatan ...

Editor: Muliadi Gani
Shutterstock
Ilustrasi buah tin. Buah tin adalah buah istimewa yang disebut dalam Al Quran. Manfaat buah tin dikenal sangat baik untuk kesehatan. 

PROHABA.CO - Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an.

Bahkan sejak zaman kuno, buah tin telah dikaitkan dengan kesehatan karena manfaat yang dimilikinya.

Dikenal juga sebagai buah ara, yang merupakan buah istimewa bagi umat Islam karena menjadi salah satu nama surah dalam Al-Qur’an, yakni surah At-Tin.

Kendati kedudukan buah tin dalam Qur’an sangat istimewa, ternyata sama halnya dengan kurma, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Sebab, buah bernama Latin Ficus carica ini mengandung banyak nutrisi dan kaya vitamin.

Lantas apa itu buah tin?

Buah tin adalah buah yang memiliki ciri fisik yang cukup unik, yakni menyerupai tetesan air mata. Dikutip dari WebMD, Jumat (15/4/2022), selain dikaitkan dengan manfaat kesehatan, buah tin juga dianggap sebagai simbol kemakmuran.

Baca juga: 6 Manfaat Mengonsumsi Kurma, Tinggi Serat dan Dapat Kontrol Gula Darah

Secara simbolis, buah tin terkait dengan Demeter, dewi pertanian dan kesuburan Yunani, dan menjadi buah yang dipersembahkan kepada Dewa Bacchus di zaman Roma kuno.

Buah ara atau buah tin ini, secara teknis merupakan kumpulan bunga terbalik, yang jika dibiarkan akan mekar dari dalam ke luar.

Buah unik tersebut tumbuh di secara umum di Mediterania dan Timur Tengah, lokasi yang panas dan kering, seperti lingkungan di mana kurma tumbuh.

Apa saja manfaat kesehatan buah tin?

1. Manfaat buah tin turunkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, seperti jantung dan stroke.

Salah satu penyebab hipertensi adalah ketidakseimbangan kalium akibat makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung natrium dan tidak cukup kalium.

Baca juga: Tujuh Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved