Luar Negeri

Taiwan Sebut Pesawat dan Kapal Cina Mulai Simulasikan Serangan

Taiwan mengatakan pihaknya mendeteksi "beberapa" pesawat dan kapal angkatan laut Cina, yang mengambil bagian dalam latihan militer di sekitar Selat

Editor: Muliadi Gani
AFP/HECTOR RETAMAL
Helikopter militer China terbang melewati pulau Pingtan, salah satu titik terdekat China daratan dari Taiwan, di provinsi Fujian pada 4 Agustus 2022, menjelang latihan militer besar-besaran di Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. China pada tanggal 4 Agustus akan memulai latihan militer terbesarnya yang mengelilingi Taiwan, dalam unjuk kekuatan yang mengangkangi jalur pelayaran internasional yang vital setelah kunjungan ke pulau yang diperintah sendiri oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi. 

PROHABA.CO, HONG KONG - Taiwan mengatakan pihaknya mendeteksi "beberapa" pesawat dan kapal angkatan laut Cina, yang mengambil bagian dalam latihan militer di sekitar Selat Taiwan pada hari Sabtu (6/8).

Ini terjadi dalam apa yang bisa menjadi kemungkinan serangan simulasi terhadap pulau itu.

Dilansir CNN, kementerian mengatakan beberapa pesawat dan kapal telah melintasi garis median sensitif di Selat Taiwan yang memisahkan pulau itu dari daratan Cina.

"Militer kami telah menyiarkan peringatan, mengerahkan patroli udara tempur dan kapal angkatan laut dan mengaktifkan sistem rudal berbasis darat sebagai tanggapan atas situasi tersebut," kata kementerian itu.

Baca juga: Cina Siapkan Operasi Militer ke Taiwan, Respons Kunjungan Ketua DPR AS

Pernyataan itu tidak merinci secara pasti berapa banyak pesawat dan kapal Cina yang terdeteksi.

Militer Cina belum mengeluarkan pernyataan tentang tujuan latihan hari Sabtu.

Berita tersebut mengikuti serangkaian latihan militer yang telah dilakukan Cina di sekitar Taiwan sejak Kamis (4/8) setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau demokrasi yang berpemerintahan sendiri itu awal pekan ini.

Partai Komunis Cina memandang Taiwan sebagai wilayahnya, meskipun tidak pernah mengendalikannya.

Baca juga: Muda-Mudi Taiwan Persiapkan Diri Berperang Melawan Cina

Baca juga: Rudal Cina Jatuh Zona Ekonomi Eksklusif Jepang

Mereka juga telah lama bersumpah untuk "menyatukan kembali" pulau itu dengan daratan Cina, dengan kekerasan jika perlu.

Cina mengirim kapal perang dan jet ke dekat Taiwan dan memicu peringatan di Jepang saat ketegangan meningkat Pelosi mengabaikan penentangan kerasnya terhadap kunjungannya dengan mendarat di Taipei pada Selasa (2/8) malam sebagai bagian dari tur Asia yang lebih besar yang berakhir Jumat dengan pemberhentian terakhir di Jepang.

Tetapi konsekuensi penuh dari kunjungannya baru sekarang muncul, dengan Cina meningkatkan latihan militer di langit dan perairan di sekitar Taiwan dan menghentikan kerja sama dengan AS dalam berbagai masalah. (kompas.com)

Baca juga: Rusia Dituding Sewa Pembunuh Bayaran Habisi Menhan Ukraina, Dijanjikan Upah Rp 2,228 Miliar

Baca juga: Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan, Cina Mengancam

Baca juga: Bobol Toko Hp Milik Warga Trumon Tengah, Pria Asal Deli Serdang Ini Ditangkap Polisi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved